Show simple item record

dc.contributor.advisorMoh. Mizan Habibi, S.Pd.I., M.Pd.I
dc.contributor.authorAisyah Amalia Putri, 15422021
dc.date.accessioned2019-09-13T03:28:20Z
dc.date.available2019-09-13T03:28:20Z
dc.date.issued2019-07-24
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/15370
dc.description.abstractPada umumnya beberapa kemampuan kreativitas guru dalam mengembangkan proses pembelajaran yang interaktif masih minim dilakukan. Faktor penyebabnya mengakibatkan peserta didik kurang memperhatikan pembelajaran, suasana pembelajaran membosankan, dan menjadikan kemampuan pemahaman peserta didik tergangu. Berdasarkan pengamatan di kelompok taklim 1B, problematika yang ditemukan yaitu adanya mahasiswa lupa dengan materi tajwid yang diajarkan sebelumnya dan waktu yang kurang mencukupi dikarenakan kemampuan pemahaman tajwid mahasiswa yang berbeda. Strategi pembelajaran flipped classroom memiliki dua komponen yang sangat penting yaitu pembelajaran berbasis diskusi dan individu yang didesain secara online serta pembelajaran interaktif dengan model pembelajaran membalikkan suasana pembelajaran yang konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengupas peranan implementasi strategi pembelajaran flipped classroom pada kemampuan pemahaman tajwid mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan model penelitian PTK Kurt Lewin. Jenis penelitian yang digunakan field research dengan participant observation, dan teknik pengambilan informan menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan yakni teknik analisis data kualitatif model Miles dan Huberman. Teknik pengumpulan data penelitian yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ditunjukkan pada pembelajaran siklus I menggunakan strategi flipped classroom, adanya sedikit kendala dikarenakan informan belum terbiasa dan memiliki perbedaan motivasi belajar sehingga perlu adanya perbaikan. Adapun hasil pembelajaran siklus II sudah menunjukkan perubahan yang baik. Hal ini bisa dilihat dari beberapa indikator yang tercapai seperti pembelajaran yang interaktif serta hasil nilai latihan soal yang meningkat. Dari tahapan kedua siklus di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat proses pembelajaran yang mengalami perubahan secara efektif dalam kemampuan pemahaman mahasiswa dengan strategi pembelajaran flipped classroom.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectStrategi Flipped Classroomen_US
dc.subjectKemampuan Pemahamanen_US
dc.titleIMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM PADA KEMAMPUAN PEMAHAMAN TAJWID MAHASISWA (Studi Kasus di Halaqoh Taklim 1B Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia)en_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record