IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM PADA KEMAMPUAN PEMAHAMAN TAJWID MAHASISWA (Studi Kasus di Halaqoh Taklim 1B Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia)
Abstract
Pada umumnya beberapa kemampuan kreativitas guru dalam
mengembangkan proses pembelajaran yang interaktif masih minim dilakukan.
Faktor penyebabnya mengakibatkan peserta didik kurang memperhatikan
pembelajaran, suasana pembelajaran membosankan, dan menjadikan kemampuan
pemahaman peserta didik tergangu. Berdasarkan pengamatan di kelompok taklim
1B, problematika yang ditemukan yaitu adanya mahasiswa lupa dengan materi
tajwid yang diajarkan sebelumnya dan waktu yang kurang mencukupi dikarenakan
kemampuan pemahaman tajwid mahasiswa yang berbeda. Strategi pembelajaran
flipped classroom memiliki dua komponen yang sangat penting yaitu pembelajaran
berbasis diskusi dan individu yang didesain secara online serta pembelajaran
interaktif dengan model pembelajaran membalikkan suasana pembelajaran yang
konvensional.
Penelitian ini bertujuan untuk mengupas peranan implementasi strategi
pembelajaran flipped classroom pada kemampuan pemahaman tajwid mahasiswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan
model penelitian PTK Kurt Lewin. Jenis penelitian yang digunakan field research
dengan participant observation, dan teknik pengambilan informan menggunakan
purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan yakni teknik analisis data
kualitatif model Miles dan Huberman. Teknik pengumpulan data penelitian yang
digunakan adalah observasi, tes, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ditunjukkan pada pembelajaran siklus I menggunakan
strategi flipped classroom, adanya sedikit kendala dikarenakan informan belum
terbiasa dan memiliki perbedaan motivasi belajar sehingga perlu adanya
perbaikan. Adapun hasil pembelajaran siklus II sudah menunjukkan perubahan
yang baik. Hal ini bisa dilihat dari beberapa indikator yang tercapai seperti
pembelajaran yang interaktif serta hasil nilai latihan soal yang meningkat. Dari
tahapan kedua siklus di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat proses
pembelajaran yang mengalami perubahan secara efektif dalam kemampuan
pemahaman mahasiswa dengan strategi pembelajaran flipped classroom.
Collections
- Islamic Education [864]