dc.description.abstract | Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kecocokan nilai,
citra merek, dan cinta merek terhadap komitmen merek serta dampaknya terhadap
word of mouth pada kosmetik Maybelline di Yogyakarta. Populasi yang digunakan
adalah di toko kosmetik di Yogyakarta dan sampelnya adalah orang yang telah
melakukan transaksi di toko kosmetik di Yogyakarta sebanyak 166
responden.Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling,
yaitu convenience sampling. Analisis dilakukan dengan menggunakan metode
SEM dan program aplikasi AMOS versi 22.0.
Variabel data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi kecocokan nilai,
citra merek, cinta merek, komitmen merek, dan word of mouth. Variabel-variabel
ini membentuk tujuh hipotesis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kecocokan
nilai memiliki pengaruh signifikan terhadap citra merek dan komitmen merek, citra
merek berpengaruh signifikan terhadap kecintaan merek dan komitmen merek,
kecintaan merek berpengaruh signifikan terhadap komitmen merek dan word of
mouth, dan komitmen merek berpengaruh signifikan pada word of mouth.
Kata Kunci : kecocokan nilai, citra merek, komitmen merek, word of mouth | en_US |