NILAI-NILAI KEMANUSIAAN TERHADAP KEPRIBADIAN PENDIDIK DALAM NOVEL MERASA PINTAR BODOH SAJA TAK PUNYA: KISAH SUFI DARI MADURA KARYA RUSDI MATHARI DAN URGENSINYA BAGI KEPRIBADIAN PENDIDIK
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh terjadinya dekadensi moral, deharomnisasi hubungan antar manusia, dan perang truth claim antar kubu atau kelompok, yang terjadi ditengah-tengah masyarakat. Problem tersebut merupakan refleksi dari kepribadian pendidik yang tidak menghayati nilai-nilai kemanusiaan, mengingat begitu urgennya posisi dan peran pendidik bagi individu-individu masyarakat yang notabene adalah subyek pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka yang memilih objek novel karya Rusdi Mathari yang berjudul “merasa pintar bodoh saja tak punya: kisah sufi dari madura”. Dalam pemilihan objek ini penulis berasumsi bahwa novel tersebut kaya akan nilai-nilai kemanusiaan yang relevan dengan latar belakang diatas, yang kemudian bisa dijadikan antitesa melalui proses penginternalisasian pada kepribadian pendidik sebagai sebuah tawaran solusi.
Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. dengan sumber data primer novel tersebut diatas, Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis konten.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat nilai-nilai kemanusiaan secara umum yang terdiri dari understanding, reason, intellect, heart, insight, dan wishdom dan nilai-nilai kemanusiaan secara khusus yang merupakan cabang-cabang dari nilai-nilai kemanusiaan secara umum diatas yang dapat dipahami sebagai nilai-nilai kemanusiaan yang hubungannya vertikal (Tuhan), horizontal (sesama manusia dan alam) dan kedalam (diri sendiri). Urgensi nilai kemanusiaan bagi kepribadian pendidik ialah bahwa tugas, posisi, dan tanggung jawab seorang pendidik adalah membimbing manusia untuk membersihkan hatinya, membentuk karakternya, membina akhlak, dan meningkatkan pengetahuan tanpa pribadi yang humanis pendidik akan gagal diterima baik peserta didik maupun masyarakat secara kepribadian sebagai seorang pendidik.
Collections
- Islamic Education [861]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM Q.S AL-ISRA’ AYAT 23-38 TELAAH TAFSIR AL-MISBAH KARYA M. QURAISH SHIHAB DAN RELEVANSINYA DENGAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER INDONESIA
Rajibullah, 17913039 (Universitas Islam Indonesia, 2019-10-20)Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pada kenyataannya bangsa Indonesia mengalami dekadensi moral, fenomena yang banyak terjadi sudah jauh dari nilai-nilai ajaran Al-Qur’an, oleh karena itu pemerintah mengembangkan ... -
Pengembangan Masjid Kanzus Di Pekalongan Penerapan Nilai-nilai Islam Dan Karakter Lokal Pada Fasad Bangunan
Rasyid, Faiz (Universitas Islam Indonesia, 2016-09-22)Dewasa ini terjadi krisis pemahaman akan nilai-nilai keislaman yang tertuang dalam sebuah perancangan. Mayoritas arsitek muslim dalam perancangannya selalu terjebak pada elemen-elemen arsitektural, simbol –simbol budaya, ... -
Pengaruh Implementasi Nilai-nilai Bisnis Islami Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Pada Komunitas Jogja Berdagang)
Yustiningrum, Rina (Universitas Islam Indonesia, 2016-09-07)Setiap perusahaan harus memiliki manajemen yang baik guna mencapai loyalitas konsumen. Ketika loyalitas konsumen telah didapat maka akan tercipta komitmen konsumen bertahan secara mendalam untuk berlangganan kembali atau ...