NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM Q.S AL-ISRA’ AYAT 23-38 TELAAH TAFSIR AL-MISBAH KARYA M. QURAISH SHIHAB DAN RELEVANSINYA DENGAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER INDONESIA
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pada kenyataannya bangsa Indonesia mengalami dekadensi moral, fenomena yang banyak terjadi sudah jauh dari nilai-nilai ajaran Al-Qur’an, oleh karena itu pemerintah mengembangkan program pendidikan karakter untuk mengantisipasi krisis moral yang lebih serius dengan mengacu pada pedoman pelaksanaan pendidikan karakter yang disusun oleh Kementrian Pendidikan Nasional. Oleh karena itu pengembangan pendidikan karakter yang sesuai dengan Al-Qur’an mutlak dilakukan, dalam surat Al-Isra’ ayat 23-38 melalui telaah tafsir al-Misbah. Adapun fokus penelitian ini (1) Bagaimana nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam Q.S Al-isra’ ayat 23-38 (tela’ah tafsir al-Misbah)? (2) Bagaimana nilai-nilai Pendidikan Karakter yang terkandung dalam Q.S Al-isra’ ayat 23-38 Tela’ah Tafsir Al-Misbah Karya M. Quraish Shihab dan Relevansinya dengan Nilai-nilai Pendidikan Karakter Indonesia?
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research), menggunakan pendekatan kualitatif, Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan dokumentasi dengan cara mengumpulkan literatur yang ada, Adapun metode atau teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan content analysis yaitu menelaah ayat-ayat yang berkaitan dengan pendidikan karakter, dan mengelompokkannya menjadi beberapa poin-poin penting.
Hasil penelitian menunjukan bahwa 1. nilai pendidikan karakter dalam Al-Qur’an surah Al-Isra’ ayat 23-38 dapat disimpulkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter meliputi (1) nilai religius (2) nilai jujur (3) nilai disiplin (4) nilai demokratis (5) nilai kerja keras (6) nilai cinta damai (7) nilai peduli sosial (8) nilai tanggung jawab. 2. Terdapatnya relevansi atau hubungan antara nilai-nilai karakter dalam Q.S Al-Isra’ ayat 23-38 dengan nilai-nilai pendidikan karakter indonesia. Untuk penelitian lebih lanjut masih ada alternatif lain yang mungkin lebih baik dari apa yang telah disampaikan penulis dalam tesis ini, maka hal itu dapat dijadikan sebagai masukan atau tambahan agar tesis ini terus berkembang dan tidak berhenti sampai disini.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Pengembangan Masjid Kanzus Di Pekalongan Penerapan Nilai-nilai Islam Dan Karakter Lokal Pada Fasad Bangunan
Rasyid, Faiz (Universitas Islam Indonesia, 2016-09-22)Dewasa ini terjadi krisis pemahaman akan nilai-nilai keislaman yang tertuang dalam sebuah perancangan. Mayoritas arsitek muslim dalam perancangannya selalu terjebak pada elemen-elemen arsitektural, simbol –simbol budaya, ... -
Pengaruh Implementasi Nilai-nilai Bisnis Islami Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Pada Komunitas Jogja Berdagang)
Yustiningrum, Rina (Universitas Islam Indonesia, 2016-09-07)Setiap perusahaan harus memiliki manajemen yang baik guna mencapai loyalitas konsumen. Ketika loyalitas konsumen telah didapat maka akan tercipta komitmen konsumen bertahan secara mendalam untuk berlangganan kembali atau ... -
PENGELOLAAN DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB NEGERI WONOGIRI JAWA TENGAH
Maharani Dyan Pratiwi, 15913050 (Universitas Islam Indonesia, 2018-02-28)Latar Belakang penelitian ini bermula dari kegelisahan peneliti terhadap permasalahan kurangnya guru Pendidikan Agama Islam di SLB Negeri Wonogiri untuk mengajar di tingkat SDLB, SMPLB, SMALB. Agar sekolah dapat melaksanakan ...