PENGARUH KESADARAN MERK, PERSEPSI KUALITAS, ASOSIASI MERK dan LOYALITAS MERK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN TELEPON SELULAR MERK SAMSUNG DI LINGKUNGAN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
Abstract
Telepon selular merupakan alat komunikasi yang dapat menghubungkan kita dengan
banyak orang tanpa terbatas ruang dan waktu. Jadi meskipun kita berada di Negara Indonesia
maka kita dapat berhubungan dengan teman atau orang yang berada di Negara Jepang, Korea,
Amerika dan Negara lainnya. Selain untuk komunikasi telepon selular dapat digunakan untuk
mencari informasi dan juga mempermudah pekerjaan manusia sehingga persaingan dalam
telepon selular khususnya telepon pintar sangat ketat. Salah satu merk telepon selular yang
memiliki tingkat penjualan tertinggi di Indonesia adalah Samsung. Langkah yang dapat
dilakukan perusahaan Samsung dalam menghadapi persaingan yang . ketat yaitu dengan
meningkatkan ekuitas merk mereka terutama dalam 4 variabel ekuitas merk yaitu kesadaran
merk, asosiasi merk, persepsi kualitas dan loyalitas merk. Dengan meningkatkan variabel ekuitas
merk maka Samsung dapat meningkatkan minat beli konsumen mereka.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang sedang menggunakan atau pernah
menggunakan telepon selular merk Samsung di Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia
Yogyakarta. Sampel dari penelitian ini berjumlah 96 orang dengan teknik pengambilan sampling
non probabilitas dengan metode sampling insidental. Variabel ekuitas merk yang digunakan
dalam penelitian ini adalah kesadaran merk, persepsi kualitas, asosiasi merk, dan loyalitas merk.
Sedangkan analisis yang digunakan ada 2 macam yaitu analisis regresi linier sederhana dan
analisis regresi linier berganda.
Hasil analisis data pada penelitian ini adalah bahwa kesadan merk berpengaruh poitif
terhadap persepsi kualitas. Selanjutnya kesadaran merk dan persepsi kualitas berpengaruh
positif terhadap asosiasi merk. Kemudian kesadaran merk, persepsi kualitas dan asosiasi merk
berhubungan positif dengan loyalitas merk. Sedangkan dari 4 variabel ekuitas merk yang
digunakan dalam penelitian ini hanya loyalitas merk yang berpengaruh positif terhadap minat
beli konsumen.
Collections
- Management [4527]