ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA JASA STEP REPAINT CLEANING SHOES DI KLATEN
Abstract
Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dimensi kualitas pelayanan yaitu tangibles (bukti fisik), reliability (kehandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), dan empathy (empati) terhadap kepuasan pelanggan, mengetahui tingkat harapan yang diinginkan pelanggan dan tingkat kenyataan yang dirasakan pelanggan melalui dimensi kualitas pelayanan, serta untuk mengetahui dimensi apa saja yang perlu diperbaiki dan dipertahankan. Objek penelitian yang digunakan adalah pelanggan dari jasa Step Repaint Cleaning Shoes di Klaten. Pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan 110 kuesioner namun yang dapat diolah hanya 102 kuesioner. Alat uji yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linier berganda dan Importance-Performance Analysis (IPA) dengan SPSS. Hasil analisis regresi linier berganda penelitian ini yaitu dimensi responsiveness, assurance, dan empathy berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan dimensi tangibles dan reliability berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Sedangkan hasil dari Importance-Performance Analysis (IPA) dalam penelitian ini yaitu masing-masing dimensi kualitas layanan memiliki indikator yang perlu diperbaiki dan dipertahankan kinerjanya.
Collections
- Management [4527]