PENGARUH PENERAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS NASABAH (STUDI KASUS : PT BANK RAKYAT INDONESIA TBK YOGYAKARTA )
Abstract
Studi ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh penerapan CSR terhadap kepuasan dan
loyalitas nasabah PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Yogyakarta Cik
Ditiro. Subyek penelitian adalah nasabah PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor
Cabang Yogyakarta Cik Ditiro,Kcp seturan,Kcp maguwo berjumlah 150 orang. Adapun
pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara convenience sampling. Metode
pengambilan data menggunakan kuesioner dengan modifikasi skala Likert yang dikembangkan
berdasarkan instrumen yang pernah digunakan oleh Gunes dan Geraldine(2015) serta diuji
validitas dan reliabilitasnya sebelum diedarkan kepada responden penelitian ini.
Structural Equation Modeling (SEM) dipergunakan untuk menguji hipotesis. Hasil
analisis menunjukkan bahwa kepuasan nasabah berpengaruh positif terhadap loyalitas nasabah.
Selain itu,CSR (ethical,Philanthropic) berpengaruh positif terhadap kepuasan dan loyalitas
nasabah.
Hasil penelitian ini memperkuat dan konsisten dengan temuan beberapa penelitian
sebelumnya. Hal ini sangat bermanfaat bagi praktisi pemasaran dalam menyusun strategi
pemasaran PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Yogyakarta Cik Ditiro.
Collections
- Master of Management [408]