ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN PADA CUSTOMER-TO-CUSTOMER E-COMMERCE OLX
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen pada Customer-to-cusomer (C2C) E-commerce. Pada penelitian ini peneliti ingin mengetahui apakah faktor technology acceptance model, transaction cost analysis, service quality dan website mempengaruhi kepuasan konsumen pada C2C E-commerce. populasi pada penelitian ini adalah masyarakat Yogyakarta yang paham konsep dari customer-to-customer E-commerce serta pernah melakukan kegiatan transaksi pada E-commerce yang diteliti yaitu E-commerce OLX.co.id. Jumlah sampel yang diambil sebesar 155 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling melalui penyebaran kuesioner di google forms.
Penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier berganda untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kepuasan konsumen pada C2C E-commerce. Hasil penelitian ini adalah 1) terdapat pengaruh positif technology acceptance model terhadap kepuasan konsumen C2C E-commerce. 2) terdapat pengaruh secara langusng transaction cost analysis terhadap kepuasan konsumen C2C E-commerce. 3) terdapat pengaruh dominan dan positif service quality terhadap kepuasan konsumen C2C E-commerce. 4) terdapat pengaruh positif website terhadap kepuasan konsumen C2C E-commerce.
Collections
- Management [4545]