Profil Penerapan Standar Pelayanan Kefarmasian dan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Mergangsan Yogyakarta
Abstract
Pelayanan kefarmasian di puskesmas merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dari pelaksanaan upaya kesehatan, yang berperan penting dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan bagi masyarakat dan kepuasan pasien merupakan pengukuran penting yang mendasar bagi mutu pelayanan sebuah institusi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui profil penerapan standar pelayanan kefarmasian di puskesmas dan tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Mergangsan Yogyakarta. Penelitian merupakan penelitian analitik korelasi dengan pendekatan cross sectional. Sampel kepuasan pasien adalah pasien rawat jalan yang mendapatkan layanan kefarmasian di Puskesmas Mergangsan Yogyakarta yang memenuhi kriteria inklusi. Pengambilan sampel berdasarkan teknik random sampling. Data yang digunakan dalam penelitian merupakan data primer berupa jawaban apoteker dan asisten apoteker serta pasien terhadap kuesioner yang dibagikan oleh peneliti. Uji analisis menggunakan rumus distribusi frekuensi kumulatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan standar pelayanan kefarmasian di Puskesmas Mergangsan termasuk dalam kategori baik dan tingkat kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Mergangsan termasuk dalam kategori sangat puas.
Collections
- Pharmacy [1444]