KOMUNIKASI PEMASARAN PERPUSTAKAAN (Studi Perbandingan Dinas Perpustakaan Kearsipan Jogja dan Balai Layanan Perpustakaan BPAD DIY)
Abstract
Perpustakaan merupakan salah satu wadah yang disediakan untuk melestarikan
bahan pustaka sebagai perwujudan dari hasil budaya dan berfungsi menjadi sumber
informasi ilmu pengetahuan, tekhnologi, dan kebudayaan. Perpustakaan memiliki
spesifikasi tersendiri mengenai fungsi dan peranannya sebagai sebuah perpustakaan.
Dalam setiap perpustakaan mempunyai tujuan, anggota dan kegiatan lainnya yang
berbeda- beda. Bagi setiap perpustakaan diperlukannya kegiatan komunikasi
pemasaran untuk mengelola bagaimana komunikasi pemasaran perpustakaan.
Penelitian ini menggunakan teori komunikasi pemasaran dan promosi perpustakaan
dengan metode penelitian deskriptif kualitatif untuk menjelaskan dan
mendeskripsikan hasil data penelitian komunikasi pemasaran perpustakaan secara
lengkap. Adapun proses penelitian dilakukan di Dinas Perpustakaan Kearsipan
Jogja pada tanggal 10 Mei 2017 dan Balai Layanan Perpustakaan BPAD DIY pada
tanggal 24 Mei 2017.
Hasil temuan penelitian yang berhasil ditemukan di Dinas Perpustakaan Kearsipan
Jogja melakukan beberapa kegiatan komunikasi pemasaran seperti mengefektifkan
publikasi kemudian mengelola data informasi berbasis media sosial. Sehingga
strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh Perpustakaan Kota bisa
menjadikan Perputaskaan Kota lebih dikenal luas oleh masyarakat. Balai Layanan
Perpustakaan BPAD DIY melakukan komunikasi pemasaran meliputi promosi dan
publikasi. Balai Layanan Perpustakaan BPAD DIY belum terlalu lama dalam
pengalaman kinerja perpustakaan. Sehingga komunikasi pemasaran yang dilakukan
masih dianggap awal. Komunikasi pemasaran yang digunakan Dinas Perpustakaan
Kearsipan Jogja lebih powerfull dibandingankan dengan Balai Layanan
Perpustakaan BPAD DIY.
Collections
- Communication [943]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Evaluasi Layanan Perpustakaan dengan Mengintegrasikan Model Kano, dan Matriks Perencanaan Aplikasi QFD Layanan Perpustakaan Universitas Islam Indonesia
TRI SARI, 14311462 (UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA, 2018-05-09)Penelitian ini merupakan tentang kualitas layanan perpustakaan dengan mengintegrasikan model kano, dan matriks perencanaan aplikasi QFD layanan perpustakaan Universitas Islam Indonesia. Di dalam penelitian ini terdapat ... -
Perancangan Ulang Perpustakaan Umum Kodia Surakarta Penekanan Perpustakaan sebagai Layanan Informasi yang Edukatif dan Rekreatif
Nugroho, Wahyo (UII Yogyakarta, 1996)Perpustakaan pada umumnya lebih dikenal sebagai tempat untuk menyimpan buku-buku yang menyimpan nilai sejarah, sehingga perpustakaan identik dengan gudang penyimpanan. Orang mengasumsikan perpustakaan hanya untuk kalangan ... -
Perancangan Ulang Perpustakaan Umum Kodia Surakarta: Penekanan Perpustakaan sebagai Layanan Informasi yang Edukatif dan Rekreatif
Nugroho, Wahyo (UII Yogyakarta, 1996)Perpustakaan pada umumnya lebih dikenal sebagai tempat untuk menyimpan buku-buku yang menyimpan nilai sejarah, sehingga perpustakaan identik dengan gudang penyimpanan. Orang mengasumsikan perpustakaan hanya untuk kalangan ...