dc.contributor.advisor | Ali Minanto, S.Sos., MA. | |
dc.contributor.author | FATIMAH ZAHROH, 13321087 | |
dc.date.accessioned | 2018-09-03T10:29:29Z | |
dc.date.available | 2018-09-03T10:29:29Z | |
dc.date.issued | 2018-08-24 | |
dc.identifier.uri | https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/10398 | |
dc.description.abstract | Perpustakaan merupakan salah satu wadah yang disediakan untuk melestarikan
bahan pustaka sebagai perwujudan dari hasil budaya dan berfungsi menjadi sumber
informasi ilmu pengetahuan, tekhnologi, dan kebudayaan. Perpustakaan memiliki
spesifikasi tersendiri mengenai fungsi dan peranannya sebagai sebuah perpustakaan.
Dalam setiap perpustakaan mempunyai tujuan, anggota dan kegiatan lainnya yang
berbeda- beda. Bagi setiap perpustakaan diperlukannya kegiatan komunikasi
pemasaran untuk mengelola bagaimana komunikasi pemasaran perpustakaan.
Penelitian ini menggunakan teori komunikasi pemasaran dan promosi perpustakaan
dengan metode penelitian deskriptif kualitatif untuk menjelaskan dan
mendeskripsikan hasil data penelitian komunikasi pemasaran perpustakaan secara
lengkap. Adapun proses penelitian dilakukan di Dinas Perpustakaan Kearsipan
Jogja pada tanggal 10 Mei 2017 dan Balai Layanan Perpustakaan BPAD DIY pada
tanggal 24 Mei 2017.
Hasil temuan penelitian yang berhasil ditemukan di Dinas Perpustakaan Kearsipan
Jogja melakukan beberapa kegiatan komunikasi pemasaran seperti mengefektifkan
publikasi kemudian mengelola data informasi berbasis media sosial. Sehingga
strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh Perpustakaan Kota bisa
menjadikan Perputaskaan Kota lebih dikenal luas oleh masyarakat. Balai Layanan
Perpustakaan BPAD DIY melakukan komunikasi pemasaran meliputi promosi dan
publikasi. Balai Layanan Perpustakaan BPAD DIY belum terlalu lama dalam
pengalaman kinerja perpustakaan. Sehingga komunikasi pemasaran yang dilakukan
masih dianggap awal. Komunikasi pemasaran yang digunakan Dinas Perpustakaan
Kearsipan Jogja lebih powerfull dibandingankan dengan Balai Layanan
Perpustakaan BPAD DIY. | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | Komunikasi Pemasaran | en_US |
dc.subject | Promosi | en_US |
dc.subject | Dinas Perpustakaan Kearsipan Jogja | en_US |
dc.subject | Balai Layanan Perpustakaan BPAD DIY | en_US |
dc.title | KOMUNIKASI PEMASARAN PERPUSTAKAAN (Studi Perbandingan Dinas Perpustakaan Kearsipan Jogja dan Balai Layanan Perpustakaan BPAD DIY) | en_US |
dc.type | Undergraduate Thesis | en_US |