ANALISIS PENGARUH CUSTOMER INVOLVEMENT CAPABILITY DAN INOVASI TERHADAP KINERJA UMKM DI YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan peran mediasi inovasi proses
dan inovasi produk dalam hubungan antara Customer Involvement Capability dan
kinerja UMKM di Yogyakarta. Secara khusus tujuan penelitian ini dapat
dijabarkan sebagai berikut untuk menganalisis dan memperoleh bukti empiris
pengaruh Customer Involvement Capability terhadap inovasi proses UMKM di
Yogyakarta, Untuk menganalisis dan memperoleh bukti empiris pengaruh inovasi
proses terhadap kinerja UMKM di Yogyakarta, Untuk menganalisis dan
memperoleh bukti empiris pengaruh Customer Involvement Capability terhadap
kinerja UMKM di Yogyakarta, Untuk menganalisis dan memperoleh bukti
empiris pengaruh Customer Involvement Capability terhadap inovasi produk
UMKM di Yogyakarta dan untuk menganalisis dan memperoleh bukti empiris
pengaruh inovasi produk terhadap kinerja UMKM di Yogyakarta.
Populasi yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini adalah
seluruh UMKM di Kota Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel (sampling)
dalam penelitian ini adalah convenience sampling. Analisis data menggunakan
analisis PLS.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Customer Involvement Capability
berpengaruh positif signifikan terhadap inovasi proses UMKM di Yogyakarta,
inovasi proses berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja UMKM di
Yogyakarta, Customer Involvement Capability berpengaruh positif signifikan
terhadap kinerja UMKM di Yogyakarta, Customer Involvement Capability
berpengaruh positif signifikan terhadap inovasi produk UMKM di Yogyakarta
dan inovasi produk berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja UMKM di
Yogyakarta.
Collections
- Management [4576]