Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Terhadap Niat Booking Hotel Online (Studi Pada Pelanggan Hotel Di Yogyakarta)
Abstract
Pada penelitian kali ini, dilakukan studi tentang faktor-faktor
yang mempengaruhi terhadap niat booking hotel online (studi pada
pelanggan hotel di Yogyakarta). Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh positif signifikan komitmen terhadap niat booking
hotel secara online. Hal ini berarti semakin tinggi komitmen pelanggan
maka semakin tinggi pula niat booking hotel secara online, Tidak terdapat
pengaruh positif signifikan kepercayaan terhadap komitmen pelanggan
untuk booking hotel secara online. Hal ini berarti tinggi rendah
kepercayaan pelanggan tidak mempengaruhi komitmen pelanggan untuk
booking hotel secara online. Terdapat pengaruh positif signifikan
kepercayaan terhadap niat booking hotel secara online. Hal ini berarti
semakin tinggi keprcayaan pelanggan maka semakin tinggi pula niat
booking hotel secara online. Terdapat pengaruh positif signifikan
kepercayaan terhadap sikap pelanggan pada booking hotel secara online.
Hal ini berarti semakin tinggi keprcayaan pelanggan maka semakin positif
sikap pelanggan pada booking hotel secara online.Pengambilan data
variabel penelitian ini dilakukan dengan menyebar kuesioner sebanyak
100 eksemplar pada pelanggan hotel di Yogyakarta. Teknik analisis data
menggunakan Analisis Struktural Equation Model (SEM) dengan
program Partial Least Square (PLS).
Hasil penelitian menemukan bahwa bahwa niat booking hotel
secara online secara langsung dipengaruhi oleh kepercayaan, komitmen,
dan sikap, dan secara tidak langsung dipengaruhi oleh share value,
perilaku opportunistic, persepsi manfaat, komunikasi dan privasi, Hal ini
berarti bahwa manfaat-manfaat yang dirasakan pelanggan ketika
menggunakan booking hotel secara online akan mampu meningkatkan
niat melakukan booking secara online, yang pada akhirnya akan
membentuk kondisi nyata dalam penggunaan booking online yang
ditunjukkan dengan kebiasaan atau frekuensi yang semakin meningkat.
Kemudahan pengoperasian menggunakan layanan booking secara online
juga semakin meningkatkan niat pelanggan.
Collections
- Management [4591]