Analisis Strategi Pertumbuhan Pada Perusahaan Kijing Nisan Sadjid Siswodiharjo, Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini mengenai analisis strategi Pertumbuhan yang dilakukan industri
Nisan Sadjid Siswodiharjo dengan judul "Analisis Strategi Pertumbuhan Pada
Perusahaan Kijing Nisan Sadjid Siswodiharjo, Yogyakarta ".
Perusahaan Kijing Nisan Sadjid Siswodiharjo adalah salah satu dari produsen
kijing di yogyakarta. Dikarenakan mulai munculnya produsen kijing lainnya maka
menyebabkan timbulnya persaingan terhadap produk kijing. Untuk mengantisipasi
persaingan yang terjadi makaNisan Sadjid Siswodiharjo perlu melaksanakan strategi
bisnis yang tepat agar dapat memenangkanpersaingan.
Penelitian ini diarahkan pada strategi yang diterapkan perusahaan selama ini,
yang bertujuan untuk mengetahui tingkat pertumbuhan dan daya tarik industri yang
terhadap perusahaan yang kemudian digunakan untuk menentukan posisi bisnis
perusahaandalam menerapkan strategi pemasaran untukmasayang akandatang.
Oleh karena itu pihak manajemen Nisan Sadjid Siswodiharjo perlu
memperhatikan perubahan yang terjadi dilingkungan bisnisnya yang merupakan
faktor eksternal maupun faktor internal. Dari faktor eksternal akan diketahui daya
tarik industri sedangkan dari faktor internal akan diketahui kekuatan bisnis
perusahaan yang semuanya akan sangat membantu dalam menentukan strategi bisnis
yang tepat.
Dalam mengumpulkan data digunakan metode wawancara, daftar pertanyaan
(kuesioner) dan teknik kepustakaan. Dalam penelitian ini yang digunakan populasi
saja yaitu seluruh direksi, staff, dan karyawan dari Nisan Sadjid Siswodiharjo. Alat
analisis yang digunakan untuk mengolah data yang diperoleh adalah analisis Matrik
Daya Tarik Industri (MDTI) yang digunakan untuk menentukan posisi bisnis
perusahaan dalam persaingan.
Hasil penelitian menunjkkan bahwa posisi bisnis perusahaan berada pada
bagian sel pertumbuhan selektifmatriks MDTI, ini berarti perusahaan kijing Nisan
Sadjid Siswodiharjo memiliki peluang bisnis yang cukup prospektif untuk
berkembang lebih lanjut sebagai perusahaan yang dapat meningkat karena
keunggulan atau kekuatan yang dimilikinya.
Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa Nisan Sadjid Siswodiharjo
memiliki kekuatan bisnis yang tinggi dengan daya tarik industri yang cukup. Oleh
karena itu strategi bisnis yang tepat digunakan adalah menggunakan strategi
pengembangan produk.
Collections
- Management [4703]