Analisis Sikap Konsumen dalam Menggunakan Jasa Hotel Quality Yogyakarta
Abstract
Analisis Sikap Konsumen dalam Menggunakan Jasa Hotel Quality Yogyakarta
Hotel merupakan tempat dimana wisatawan beristirahat dan mengatur
kelanjutan perjalanan akan kegiatannya. Mengingat hotel begitu penting sebagai
tempat menginap maka seiring dengan itu pula banyak hotel yang bermunculan
dengan menawarkan fasilitas dan mutu pelayanan yang berbeda-beda demi untuk
memuaskan kebutuhan para tamu.
Hotel Quality Yogyakarta merupakan hotel bintang empat yang berlokasi
strategis dengan memberikan kualitas pelayanan yang baik dan menawarkan dengan
harga terjangkau serta fasilitas yang lengkap tentunya akan menarik minat wisatawan
yang berkunjung ke Yogyakarta.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menetapkan sikap konsumen dalam
menggunakan jasa hotel Quality Yogyakarta serta menetapkan ada atau tidaknya
perbedaan sikap yang signifikan antara sikap konsumen terhadap atribut-atribut jasa
hotel Quality Yogyakarta berdasarkan karakteristik konsumen.
Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dan interview,
dengan populasi adalah konsumen yang sedang menginap di hotel Quality
Yogyakarta, dimana teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode
Convenience sampling dengan jumlah sampel sebanyak 96 responden.
Dari hasil penelitian berdasarkan analisis Fishbein dapat diketahui bahwa
sikap konsumen terhadap atribut-atribut jasa yang ditawarkan hotel Quality
Yogyakarta adalah positif dengan skor 17,31, dimana penilaian sikap paling tinggi
yaitu pada atribut keramahan pelayanan dengan indeks sikap sebesar 18,49,
sedangkan pada hasil analisis Kruskal-Wallis dapat diketahui bahwa terdapat
perbedaan sikap konsumen terhadap atribut keramahan pelayanan berdasarkan tingkat
pendapatan.
Collections
- Management [4703]