Analisis Sikap Konsumen dalam Menggunakan Jasa Sarana Hiburan Timezone di Ambarukmo Plaza Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini untuk menetapkan bagaimana sikap konsumen dalam
mengguanakan jasa sarana hiburan timezone dan perbedaan berdasarkan karakteristik
konsumen. Adapun lokasi penelitian ini ditempat sarana hiburan timezone di ambarukmo
plaza yogyakarta jalan laksada Adi Sucipto dengan pengambilan sampel konsumen yang
pernah menggunakan jasa sarana hiburan timezone di ambarukmo plaza yogyakarta.
Variabel penelitian dengan karakterisatik konsumen yaitu gender, terdiri dari lakilaki
dan perempuan ; umur, terdiri dari 15-20 tahun, 21-24 tahun, dan 25 tahun keatas ;
Pengeluaran hiburan, terdiri dari kurang dari 100.000 per bulan, antara 100.000-500.000
per bulan, dan lebih dari 500.000 per bulan. Atribut pelayanan terdiri dari kebersihan
gedung dan ruang; tempat parir; pendingin ruangan; penampilan karyawan; kenyamanan
tempat; kerapian tempat; ketepatan waktu permainan; permainan menarik; kecepatan
karyawan di kasir; penanganan keluhan pelanggan; pengetahuan karyawan; perhatian dan
kesopanan; keterampilan karyawan; kesopanan karyawan; keramahan karyawan. Data
dan teknik pengumpulan data menggunakan uji validitas korelasi product moment dengan
taraf signifikansi 5% dan uji reliabilitas dengan cronbach's alpha coeffisient 0.60. Data
yang digunakan adalah data primer dengan metode penumpulan data kuesioner. Tknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah metode non-probability sampling model
convenience sampling dengan jumlah responden 96.
Sedangkan analisis yang digunakan untuk menetapkan sikap konsumen dengan
menggunakan metode Fishbein sedangkan untuk perbedaan sikap berdasarkan
karakteristik konsumen menggunakan uji beda Kruskal-wallis dibantu menggunakan
software SPSS 12. Hasil penelitian yang didapat bahwa berdasarkan gender tidak terdapat
perbedaan terhadap atribut; berdasarkan umur terdapat perbedaan pada atribut
penampilan karyawan dan ketepatan waktu pemainan; berdasarkan pengeluaran hiburan
per bulan menunjukkan tidak adanya perbedaan sikap.
Collections
- Management [4703]