Analisis Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Isotonik Pocari Sweat Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta
Abstract
Didalam bidang pemasaran Perilaku konsumen merupakan hal yang kompleks
dan diperlukan berbagai cara yang tepat untuk menanganinya. Konsumen merupakan aset
bagi perusahaan dan memberikan kepuasaan kepada mereka menjadi suatu keharusan
yang tidak bisa ditawar lagi. Informasi mengenai apa yang menjadi kebutuhan dan
keinginan konsumen menjadi sangat berarti bagj perusahaan
Penelitian dengan judul Analisis Pengaruh Atribut Produk terhadap keputusan
pembelian minuman isotonik Pocari sweat studi pada mahasiswa fakultas ekonomi
Universitas islam indonesia, Yogyakarta. Penelitian ini Bertujuan untuk mengetahui
seberapa besar pengaruh atribut produk terhadap keputusan konsumen dalam pembelian
produk minuman isotonik Pocari sweat dan untuk mengetahui atribut yang paling
dominan dalam mempengaruhi keputusanpembelian produk yang bersangkutan.
Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh atribut
produk terhadap keputusan konsumen dalam pembelian dan atribut apakah yang paling
dominan dalam mempengaruhikeputusan pembelian tersebut.
Objek yang diteliti adalah produk minuman isotonik pocari sweat dan atribut
produk yang diteliti meliputi : Harga, kemasan, rasa, manfaat dan citra / image. Data
yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui kuisioner atau angket yang
diberikan secara langsung kepada konsumen yang pernah mengkonsumsi produk
tersebut. Selain data primer penulis juga menggunakan data sekunder yang diperoleh
melalui buku - buku referensi, literatur maupun artikel yang erat hubungannya dengan
penelitian ini. Pengujian statistik dengan menggunakan analisis regresi berganda dengan
taraf sigmfikansi 5 %. Dalam mengambil keputusan dilakukan dengan pengujian
berdasarkan uji t dan uji F
Hasil dari penelitian ini menunjukan , berdasarkan uji t dan uji F diketahui bahwa
atribut produk minuman isotonik yang dipilih secara bersama - sama dan secara individu
mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen dalam pembelian
produk minuman Pocari sweat. Sedangkan atribut manfaat mempunyai pengaruh yang
paling dominan terhadap keputusan pembelian.
Collections
- Management [4703]