Strategi Pemasaran dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Jasa Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit Pandan Arang Kabupaten Boyolali
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana formulasi
strategi pemasaran yang diterapkan oleh RSU Pandan Arang Kabupaten Boyolali
dalam rangka menghadapi tajamnya persaingan dalam bisnis jasa pelayanan
kesehatan. Sampel yang diwawancarai diambil dari unsur manajemen RSU Pandan
Arang, karyawan, pasien, pengunjung dan masyarakat umum. Untuk mengetahui
posisi perusahaan dilakukan dengan menganalisis faktor internal dan faktor eksternal
yang berpengaruh terhadap RSU Pandan Arang melalui matriks IFE dan EFE. Untuk
mengetahui kekuatan, kelemahan peluang dan ancaman yang dihadapi oleh Pandan
Arang dilakukan dengan analisis SWOT.
Berdasarkan hasil analisis, RSU Pandan Arang Kabupaten Boyolali berada
pada kuadran ke 5 dengan nilai skor IFE = 2,75 dan EFE = 2,80. Nilai ini
menunjukkan bahwa RSU Pandan Arang berada pada posisi stabil, dan kurang
memberikan respon yang optimal dalam memanfaatkan peluang dan menghadapi
ancaman yang akajn dihadapi. RSU Pandan Arang diharapkan melakukan langkahlangkah
untuk menyempumakan strategi pemasaran yang berbasis pada
Segmentation, Targeting dan Positioning (STP). Kekuatan yang dimiliki oleh RSU
Pandan Arang lebih menonjol pada citra RSU Pemerintah yang didukung oleh letak
strategis dan dukungan kebijakan pemerintah terhadap RSU milik pemerintah ini.
Kelemahan yang dimiliki adalah minimnya fasilitas air bersih dan keamanan,
sedangkan ancaman yang dihadapi adalah semakin benyaknya muncul kompetitorkompetitor
usaha jasa pelayanan kesehatan.
Collections
- Management [4560]