Analisis Perbedaan Sikap Konsumen terhadap KualitasLayanan pada Salon Johnny Andrean dan Salon Rudy Hadisuwamo di Yogyakarta
Abstract
Salon Johnny Andrean dan Salon Rudy Hadisuwarno merupakan salon
kecantikan rambut yang sudah memiliki nama dan dikenal hampir seluruh lapisan
masyarakat Indonesia khususnya Yogyakarta karena didirikan oleh para pakar penata
rambut terkemuka yaitu Johnny Andrean dan Rudy Hadisuwarno. Meskipun kedua
salon tersebut sudah sangat terkenal akan nama dan mutunya, konsumen tentunya
memiliki sikap yang berbeda pada kualitas pelayanan yang diberikan oleh kedua
salon tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan sikap konsumen
terhadap kualitas layanan yang dimiliki oleh Salon Johnny Andrean dan Salon Rudy
Hadisuwarno serta menjelaskan ada atau tidaknya perbedaan kepercayaan dan
evaluasi konsumen terhadap kualitas pelayanan pada kedua salon tersebut
berdasarkan variabel tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah melalui metode kuisioner
pada pengguna jasa Salon Johnny Andrean dan Salon Rudy Hadisuwarno dengan
menggunakan teknik pengambilan sampel sebanyak 96 responden.
Dari hasil penelitian berdasarkan analisis Fishbein, dapat diketahui bahwa
sikap konsumen terhadap variabel kualitas layanan berdasarkan atas kepercayaan dan
evaluasi pada Salon Johnny Andrean dengan nilai rata-rata indeks sikap (Ao) 16,38
lebih baik daripada Salon Rudy Hadisuwarno yang memiliki nilai rata-rata indeks
sikap (Ao) 14,64.
Sedang pada hasil uji Wilxocon dapat diketahui bahwa terdapat berbedaan
yang signifikan pada sikap konsumen terhadap kualitas pelayanan pada Salon Johnny
Andrean dan Salon Rudy Hadisuwarno.
Collections
- Management [4703]