Analisis Kualitas Pelayanan Medis dalam Hubungannya dengan Kepuasan Konsumen pada RSU Pandan Arang Kabupaten Boyolali
Abstract
Skripsi yang mengangkat judul "Analisis Kualitas Pelayanan Medis Pada
RSU Pandan Arang Kabupaten Boyoloali" secara garis besar membahas mengenai
adanya perbedaan antara rata - rata kualitas medis yang diharapkan dengan rata-rata
pelayanan medis yang diterima atau dirasakan oleh pasien rawat inap di RSU
Boyolali. Penelitian ini juga ditujukan untuk mengetahui sampai sejauh mana
kepuasan yang diterima atau dirasakan oleh pasien, serta dimensi kualitas pelayanan
manakah yang paling kuat pengaruhnya terhadap tingkat kepuasan pasien RSU
Boyolali. Kualitas pelayanan medis yang dievaluasi hanya dibatasi pada kualitas
pelayanan yang dipersepsikan atau dirasakan oleh pasien.
Sampel penelitian diambil dari beberapa pasien dengan metode
random sampling atau acak sederhana yang memberi peluang sama bagi
anggota untuk dipilih menjadi sampel melalui undian yang berdasarkan pada daftar nama
pasien yang melakukan rawat inap di RSU Boyolali lebih dari 3 hari. Sampel
diambil sebanyak 103 responden. Tehnik pengumpulan data adalah dengan survey
secara langsung dan didukung dengan data sekunder.
Tehnik uji instrumen penelitian dengan menggunakan uji validitas dan
reliabilitas dengan alat ukur rumus korelasi Product Moment Pearson (korelasi
momen tangkar) dan rumus korelasi Spearman Brown. Sedangkan metode analisis
data menggunakan diagram kartesius. Untuk menguji hasil penelitian digunakan alat
bantu komputer, yaitu Microsoft Excel dan SPSS for Windows Release 12.00.
Collections
- Management [4527]