ANALISIS STRATEGI PERUSAHAAN TEGUH MAHAKARYA YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini berjudul “Analisis Strategi Perusahaan Teguh Mahakarya
Yogyakarta”. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui posisi bisnis
Perusahaan Teguh Mahakarya dan menetapkan strategi yang tepat untuk digunakan.
Analisis yang dilakukan untuk mengetahui posisi bisnis adalah dengan menggunakan
analisis MDTI (Matrik Daya Tarik Industri). MDTI merupakan alat analisis untuk
mengetahui posisi perusahaan berdasarkan kekuatan dan kelemahan serta peluang dan
ancaman yang dihadapi perusahaan. Metode penelitian yang digunakan yakni dengan
analisis data secara kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer. Data tersebut
diperoleh dengan melakukan wawancara terhadap pihak pengambil keputusan di
perusahaan Teguh Mahakarya. Hasil analisis MDTI tersebut kemudian dijadikan dasar
untuk menetapkan posisi bisnis perusahaan Teguh Mahakarya. Hasil dari analisis
MDTI, diketahui posisi bisnis perusahaan Teguh Mahakarya berada pada sel 4, yang
artinya Teguh Mahakarya berada pada “strategi stabilitas”. Kondisi ini menunjukkan
bahwa perusahaan Teguh Mahakarya tetap fokus pada bisnis yang ada sekaligus
perusahaan memperbaiki kelemahan dan membangun keunggulan bersaingnya. Selain
berkonsentrasi, perusahaan Teguh Mahakarya juga harus melakukan strategi berlanjut
dengan waspada, hal ini dilakukan untuk menghadapi lingkungan kompetitif yang
dinamis.
Collections
- Management [4550]