Analisis Perilaku Beralih Layanan Pembiayaan Berbasis Financial Technology (Crowdlending) Dengan Pendekatan Push – Pull – Mooring
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh push-pull-mooring terhadap layanan pembiayaan berbasis teknologi keuangan (crowdlending). Penelitian ini menggunakan data yang diperoleh dari penyebaran kuesioner, dengan jumlah responden sebanyak 220 responden. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah partial least square structural equation modeling untuk pengujian model pengukuran (uji validitas serta reliabilitas) dan model struktural (uji hubungan antara konstruk). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor pendorong yang diproksikan dengan penentuan harga, kualitas layanan, kompetisi, reputasi, respon terhadap kegagalan, produk layanan, dan peralihan terpaksa tidak berpengaruh terhadap perilaku beralih ke layanan pembiayaan berbasis teknologi keuangan (crowdlending). Faktor penarik yang diproksikan dengan keuntungan relatif, kemudahan penggunaan relatif, keamanan relatif, kemudahan proses relatif, norma subjektif terhadap perilaku beralih ke layanan pembiayaan berbasis teknologi keuangan (crowdlending). Faktor penambat yang diproksikan dengan inersia tidak memperlemah pengaruh faktor pendorong terhadap perilaku beralih ke layanan pembiayaan berbasis teknologi keuangan (crowdlending). Faktor penambat yang diproksikan dengan inersia memperlemah pengaruh faktor penarik terhadap perilaku beralih ke layanan pembiayaan berbasis teknologi keuangan (crowdlending).
Collections
- Management [4548]