Analisis Produksi Program Radio Komunitas pada Program Musik (Studi Deskriptif Progam Musik di Radio Love Jogja FM dan Radio Wijaya FM)
Abstract
Rahmawati Cindar Bumi 09321069. Analisis Produksi Program Radio Komunitas Pada Program Musik (Studi Deskriptif Kualitatif Program Musik di Radio Love Jogja Fm & Wijaya Fm). Skripsi Sarjana. Program Ilmu Komunikasi, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Universitas Islam Indonesia 2017.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh eksistensi radio Wijaya Fm dan radio Love Jogja Fm sebagai radio komunitas yang pada umumnya berdiri dari sebuah komunitas dan ditunjukan untuk komunitas. Penelitian ini untuk mengetahui proses produksi kedua radio komunitas ini dalam analisis produksi program radio komunitas pada program musick melalui program yang disiarkan serta kendala program acara music yang di hadapi kedua radio komunitas tersebut. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana tahap produksi program acara musik di radio Wijaya Fm dan radio Love Jogja Fm.
Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data di uji dengan teknik triangulasi.Data yang terkumpul dianalisis melalui langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa menghasilkan beberapa temuan. Tahapan awal Love Jogja Fm yaitu pra produksi, di awali dari penuangan ide, program seperti apa yang akan di produksi, perencanaan jadwal. Selanjutnya tahapan produksi, produksi acara love jogja adalah program on air live 19 Jam, penyiar berinteraksi dengan para pendengar dan memutar lagu sesuai dengan tema yang telah di sepakati. Karena acara ini berlangsung live melalui sosial media seperti Twitter atau Facebook tahapan paska produksi hanya lebih kepenyampaian hasil siaran sebagai evaluasi ke depannya.Tahapan pra produksi Wijaya Fm di lakukan dari penuangan ide, pengajuan proposal sampai mendapat persetujuan untuk siaran, selanjutnya proses produksi di lakukan sendiri oleh penyiar dengan mengoperasikan peralatan yang ada di depan meja,karenaacarainiberlangsung live melaluitelefon live dansms live. Materi yang di dapat biasanya di dapat oleh penyiar dari internet atau yang sedang menjadi trending topic saat ini.Sedang tahapan paska produksi karena program ini program live, jadi lebih ke evaluasi program, dimana kekurangan program dan apa yang akan di lakukan selanjutnya.
Collections
- Communication [943]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Analisis Produksi Program Radio Komunitas pada Program Musik (Studi Deskriptif Progam Musik di Radio Love Jogja FM dan Radio Wijaya FM
Bumi, Rahmawati Cindar (Universitas Islam Indonesia, 2017-03-15)RahmawatiCindar Earth 09321069. Community Radio Program Production Analysis On Music Program (Qualitative Descriptive Study Program in Radio Love Music &WijayaJogjaFmFm). Bachelor Thesis.Communication Studies Program, ... -
STRATEGI KREATIF PROGRAM HIBURAN RADIO SWASTA DALAM MERAIH PENDENGAR DI SALATIGA (Studi Deskriptif Program “Salatiga Bergoyang” Radio Zenith FM dan “Leyeh-Leyeh Campursari” Radio Elisa FM)
SulthonSalamuddin Kuncoro, 12321180 (UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA, 2018-03-28)Radio Zenith dalam rangka menjaring pendengar, menyiapkan kreatif rancangan program yang diberi nama Salatiga Bergoyang dengan kreatif konten Lagu Dangdut dan kreatif Media siaran dengan Bigo Live. Radio Elisa dalam rangka ... -
KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU RADIO SWASTA DI YOGYAKARTA DALAM MEMPEROLEH PENGIKLAN DENGAN KONTEKS B2B (Studi Kasus Radio Swaragama FM dan Radio Geronimo FM)
Pretisya Rahmani, 14321050 (Universitas Islam Indonesia, 2019-01-02)Dari waktu ke waktu, peran radio masih sangat penting. Persaingan memperebutkan “kue iklan” semakin sengit seiring makin menjamurnya media. Televisi masih powerful dan internet mulai menyita perhatian pengiklan. Maka dari ...