ANALISIS STRATEGI KREATIF DALAM PEMBERITAAN TELEVISI LOKAL (Studi Deskriptif Pada Program Siaran “Dobrak” Jambi TV & “Iko Berita Ntah Hapo-Hapo” Jek TV)
Abstract
Raspati Taruna. 13321061. Analis Strategi Kreatif Dalam Pemberitaan Televisi Lokal
(Studi Deskriptif Pada Program Siaran “Dobrak” JambiTV & “Iko Berita Ntah Hapo-
Hapo” JekTV). Skripsi Sarjana. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Psikologi
dan Ilmu Sosial Budaya, Universitas Islam Indonesia. 2018.
Televisi lokal merupakan sebuah televisi yang mempunyai ruang cakupan skala
yang kecil, biasanya hanya mencakup satu wilayah atau satu daerah saja. Dengan
berkembangnya zaman televisi saat ini berlomba-lomba untuk mendapatkan khalayaknya
dengan membuat berbagai macam strategi kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan, membandingkan, mengetahui kekuatan, kendala, serta menambah kajian
ilmu pengetahuan mengenai startegi kreatif pemberitaan televisi lokal khususnya di Jambi.
Penelitian ini juga bertujuan untuk menjadikan televisi lokal daerah lebih berkembang lagi
dan dapat bersaing dengan program-program acara televisi nasional. Penelitian ini di
lakukan selama 6 bulan di Jambi, dengan objek penelitiannya yaitu dua stasiun televisi
lokal Daerah Jambi, pada program acara “Dobrak” JambiTV dan “Iko Berita Ntah Hapo-
Hapo” JekTV yang kedua program tersebut memiliki sub temanya masing-masing.
Metode dalam penelitian ini menggunakan Deskriptif Kualitatif, di mana
pendekatan ini menggunakan informasi-informasi yang berkaitan dengan proses produksi
kreatif program acara pemberitaan televisi lokal “Dobrak” JambiTV dan “Iko Berita Ntah
Hapo-Hapo” JekTV. Dalam penelitian ini juga menggunakan paradigma konstruktivisme
yang merupakan metode yang dilakukan secara pengamatan langsung di lapangan dengan
cara menggumpulkan data (observasi) serta melakukan wawancara secara langsung
terhadap narasumber yang berperan penting terhadap program produksi kreatif acara
televisi lokal tersebut. metode ini juga bertujuan untuk menggambarkan realitas sosial yang
kompleks dengan menerapkan konsep-konsep yang telah di kembangkan.
Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan, diantaranya dalam program
pemberitaan televisi lokal, bahasa daerah menjadi kunci usaha kesuksesan program acara
tersebut agar dekat dengan khalayaknya. Selain itu dalam sebuah strategi kreatif sebuah
program pemberitaan di dalamanya terdapat beberapa unsur yang di bedakan dari tahapan
pra produksi, produksi, dan pasca produksi yang di dalamnya terdapat beberapa tahapan.
Collections
- Communication [944]