Show simple item record

dc.contributor.advisorIda Nuraini Dewi K.N, S.I.Kom., M.A
dc.contributor.authorRASPATI TARUNA, 13321061
dc.date.accessioned2018-08-01T14:47:21Z
dc.date.available2018-08-01T14:47:21Z
dc.date.issued2018-05-24
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/9516
dc.description.abstractRaspati Taruna. 13321061. Analis Strategi Kreatif Dalam Pemberitaan Televisi Lokal (Studi Deskriptif Pada Program Siaran “Dobrak” JambiTV & “Iko Berita Ntah Hapo- Hapo” JekTV). Skripsi Sarjana. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Universitas Islam Indonesia. 2018. Televisi lokal merupakan sebuah televisi yang mempunyai ruang cakupan skala yang kecil, biasanya hanya mencakup satu wilayah atau satu daerah saja. Dengan berkembangnya zaman televisi saat ini berlomba-lomba untuk mendapatkan khalayaknya dengan membuat berbagai macam strategi kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, membandingkan, mengetahui kekuatan, kendala, serta menambah kajian ilmu pengetahuan mengenai startegi kreatif pemberitaan televisi lokal khususnya di Jambi. Penelitian ini juga bertujuan untuk menjadikan televisi lokal daerah lebih berkembang lagi dan dapat bersaing dengan program-program acara televisi nasional. Penelitian ini di lakukan selama 6 bulan di Jambi, dengan objek penelitiannya yaitu dua stasiun televisi lokal Daerah Jambi, pada program acara “Dobrak” JambiTV dan “Iko Berita Ntah Hapo- Hapo” JekTV yang kedua program tersebut memiliki sub temanya masing-masing. Metode dalam penelitian ini menggunakan Deskriptif Kualitatif, di mana pendekatan ini menggunakan informasi-informasi yang berkaitan dengan proses produksi kreatif program acara pemberitaan televisi lokal “Dobrak” JambiTV dan “Iko Berita Ntah Hapo-Hapo” JekTV. Dalam penelitian ini juga menggunakan paradigma konstruktivisme yang merupakan metode yang dilakukan secara pengamatan langsung di lapangan dengan cara menggumpulkan data (observasi) serta melakukan wawancara secara langsung terhadap narasumber yang berperan penting terhadap program produksi kreatif acara televisi lokal tersebut. metode ini juga bertujuan untuk menggambarkan realitas sosial yang kompleks dengan menerapkan konsep-konsep yang telah di kembangkan. Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan, diantaranya dalam program pemberitaan televisi lokal, bahasa daerah menjadi kunci usaha kesuksesan program acara tersebut agar dekat dengan khalayaknya. Selain itu dalam sebuah strategi kreatif sebuah program pemberitaan di dalamanya terdapat beberapa unsur yang di bedakan dari tahapan pra produksi, produksi, dan pasca produksi yang di dalamnya terdapat beberapa tahapan.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectstrategi kreatifen_US
dc.subjecttelevisi lokalen_US
dc.subjectprogram beritaen_US
dc.titleANALISIS STRATEGI KREATIF DALAM PEMBERITAAN TELEVISI LOKAL (Studi Deskriptif Pada Program Siaran “Dobrak” Jambi TV & “Iko Berita Ntah Hapo-Hapo” Jek TV)en_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record