PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN ATAS LAYANAN SERVICE CENTER PASCA TRANSAKSI HANDPHONE BEYOND DI YOGYAKARTA
Abstract
Layanan purna jual merupakan kewajiban dan tanggung jawab pelaku usaha
dalam memproduksi barang yang manfaatnya berkelanjutan dan diberikan dalam batas
waktu sekurang-kurangnya satu tahun. Namun demikian belum sepenuhnya semua
produk yang telah clan yang belum diaur mendapatkan layanan puma jual yang
memadai, masih ada hak-hak dari konsumen yang belum terpenuhi dan pelaku usaha pun
banyak yang kurang bertanggung jawab. Hal ini menirnbulkan permasalahan dalarn
perlindungan konsurnen sehingga perlu diteliti dalam penulisan ini yaitu tentang
bagaiman pengauran layanan puma jual, bagaimana tanggung jawab produk dalam
layanau purna jual dan hak-hak konsumen apa yang terabaikan dalam layanan purna jual
ini.
Metode penelitian yang di pakai dalam penulisan ini adalah metode penelitian
hukum normatif. Penyusunan skripsi ini menggunakan adalah data sekunder yang terdiri
dari bahan hukum primer, sekunder, dan tersier. Dengan teknik penelitian kepustakaan
(library research) yang merupakan pengumpulan data-data yang dilalcukan melalui
literaur atau dari sumber bacaan lain yang terkait dengan penulisan skripsi ini, yang
semuanya itu dirnaksudkan untuk memperoleh data-data atau bahan-bahan yang bersifat
teoritis yang dipergunakan sebagai dasar dalam penelitian.
Lingkup layanan puma jual adalah jaminan mutu, daya tahan dan kehandalan
operasional dan sudah diaur oleh beberapa peraturan yang cukup komprehensif dan
berhubungan secara harmonis. Berkenaan dengan tanggung jawab produk, dalam layanan
purna jual yang dapat diterapkan tanggung jawab produk adalah jaminan mutdgaransi.
Selanjutnya dalam pelayanan purna jual ada beberapa hak konsumen yang terabaikan
antara lain hak atas informasi yang benar, jelas dan jujur mengenai kondisi dan jaminan
barang dadatau jasa; hak untuk didengar pendapat dan keluhan atas barang dadatau jasa
yang digunakan; hak untuk mendapatkan kompensasi, ganti rugi dadatau penggantian,
apabila barang dadatau jasa yang diterima tidak sesuai dengan perjanjian atau tidak
sebagaimana mestinya.
Collections
- Master of Law [1447]