PERSPEKTIF ETIKA E-COMMERCE: SEBUAH INVESTIGASI EMPIRIS PADA MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA (UII) YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh etika e-commerce terhadap kepercayaan, keamanan dan privasi, serta loyalitas konsumen terhadap penyedia layanan e-commerce. Melalui penelitian ini peneliti ingin mengetahui pengaruh berbagai faktor etika seperti kepercayaan konsumen dan privasi pada sistem e-commerce serta dapat mengidentifikasi berbagai faktor etika yang mempengaruhi persepsi konsumen terhadap adopsi e-commerce yang akan membentuk loyalitas konsumen terhadap organisasi atau merek pada konsumen yang berusia muda. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta pengguna internet yang pernah melakukan transaksi e-commerce di situs belanja online melalui media internet. Sampel yang diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 160 responden yang didapatkan melalui survei online google forms.
Penelitian ini menggunakan analisis data Partial Least Squares (PLS) karena merupakan model penelitian yang baru dalam mengembangkan etika pada e-commerce. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh positif dari variabel etika e-commerce terhadap kepercayaan konsumen, 2) terdapat pengaruh secara langsung dari variabel etika e-commerce terhadap keamanan dan privasi dalam lingkungan online, 3) terdapat pengaruh dari variabel etika e-commerce terhadap peningkatan loyalitas pelanggan, 4) terdapat pengaruh positif dari variabel kepercayaan terhadap penjagaan privasi dan keamanan pada situs web e-commerce, 5) terdapat pengaruh positif dari variabel kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan, dan 6) terdapat pengaruh hubungan langsung dari variabel masalah keamanan dan privasi terhadap loyalitas pelanggan.
Collections
- Management [4524]