PENGUNGKAPAN INFORMASI TANGGUNG JAWAB SOSIAL TERHADAP MASYARAKAT PADA BANK SYARIAH DI INDONESIA
Abstract
Artikel ini menguji faktor-faktor yang mungkin mempengaruhi praktik pengungkapan informasi mengenai tanggung jawab perusahaan terhadap masyarakat. Pengungkapan informasi pada laporan tahunan periode 2011 sampai dengan 2016 dari 10 bank syariah di Indonesia, dianalisis dengan analisis isi untuk mengukur tingkat pengungkapan informasi. Unit analisis yang digunakan adalah jumlah kata. Elemen pengungkapan informasi pada tema masyarakat dalam pedoman Islamic Social Reporting (ISR) diadopsi sebagai daftar cek pengungkapan informasi. Hasil regresi menunjukkan bahwa ukuran bank dan adanya kerja sama dengan yayasan amal berpengaruh positif terhadap tingkat pengungkapan informasi masyarakat. Hasil ini menunjukkan bahwa teori stakeholder etis secara parsial mampu menjelaskan praktik pengungkapan informasi masyarakat bank syariah di Indonesia. Implikasi utama dari hasil penelitian ini adalah bank syariah yang berinteraksi dan bekerjasama dengan stakeholder yang lebih banyak, mereka secara etis mengungkapkan informasi yang lebih banyak tentang masyarakat. Penelitian ini memberikan wawasan mengenai suatu bagian spesifik dari pengungkapan informasi Corporate Social Responsibility (CSR), yaitu pengungkapan informasi tentang masyarakat oleh bank syariah dalam konteks Indonesia.
Collections
- Master of Accountancy [221]