Analisis Kepuasan Konsumen Pemilik Sepeda Motor Honda dalam Menggunakan Pelayanan Jasa Bengkel PT. Astra International Tbk - Honda Cabang Yogyakarta
Abstract
Perkembangan dunia usaha di Indonesia dewasa ini demikian pesatnya dengan nampak terlihat kemajuan di segala bidang, terutama dalam bidang teknologi. hal ini mengakibatkan berdirinya usaha-usaha yang berhubungan dengan teknologi tersebut, salah satunya adalah di bidang usaha bengkel yang menawarkan jasa perawatan dan perbaikan sepeda motor diantaranya bengkel PT Astra International Tbk-Honda Cabang Yogyakarta.
Perdaan karakteristik konsumen menjadikan perilaku yang berbeda antara satu denga yang lainnya dalam proses pembelian suatu barang atau jasa.
Karakterisitik konsumen dapat diklasifikasikan berdasarkan demografi, yaitu kategori usia, pendidikan, gender, pekerjaan dan juga penghasilan. Dengan mengetahui karakteristik konsumen, podusen dapat menjadikan hal ini sebagai acuan agar lebih
berhasil dalam upaya memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen sesuai dengan harapan dan dapat memuaskan mereka. Skripsi ini berjudu Analisis Kepuasan Konsumen Pemilik Sepeda Motor Honda dalam Menggunakan Pelayanan Jasa
Bengkel PT Astra International Tbk - Honda Cabang Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen dan ada tidaknya perbedaan kepuasan konsumen berdasarkan karakteristik konsumen.
Analisis yang digunakan adalah Analisis Deskriptif dan Analisis Statistik yaitu Uji jenjang Bertanda Wiloxon dan Analisis Ragam Satu Arah Kruskal-Wallis. Dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang diberikan kepada responden yang ditemui di bengkel. Berdasarkan karakteristik konsumen pengguna jasa PT. Astra International
Tbk - Honda Cabang Yogyakarta sebagian besar konsumen adalah pria yaitu sebesar
74% berumur antara 20-40 tahun sebesar 80%, memiliki pendapatan antara
Rp 500.000 - Rp 1.200.000 sebesar 68%, berpendidikan D3/S1 sebesar 61% dan
memiliki pekerjaan sebagai Karyawan Swasta/Pegawai Negeri sebesar 53%.
Berdasarkan hasil Analisis Uji Jenjang Bertanda Wilcoxon dapat diketahui
bahwa atribut pengetahuan mekanik menunjukkan perbedaan yang signifikan dimana
probabilitasnya sebesar 0,001 dan memiliki gap terbesar yaitu 0,49. Sedangkan hasil
Analisis Ragam Satu Arah Kruskal-Wallis menunjukkan pada atribut pengetahuan
mekanik berdasarkan tingkat pendapatan menunjukkan perbedaan yang signifikan
dimana probabilitasnya sebesar 0,008 yang artinya pada atribut tersebut memberikan
tingkat kepuasan yang berbeda. Saran yang dapat disampaikan adalah dengan
menyesuaikan antara harapan konsumen dan kinerja perusahaan yaitu dengan lebih
meningkatkan pengetahuan yang dimiliki oleh mekanik sehingga kepuasan yang
dirasakan konsumen dapat sesuai dengan harapan.
Collections
- Management [4703]