ANALISIS PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2016)
Abstract
Tujuan Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menguji faktor-faktor yang mempengaruhi dalam pengungkapan CSR dalam laporan tahunan perusahaan manufaktur yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Faktor-faktor yang digunakan untuk melakukan penelitian ini yaitu ukuran perusahaa, profitabilitas, dan leverage. CSR merupakan praktik bisnis yang transparan yang didasarkan oleh nilai-nilai etika dengan memberikan perhatian kepada karyawan, masyarakat dan lingkungan, serta dirancang untuk memenuhi keinginan para pemegang sahamdan juga masyarakat secara umum. Metode pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan content analysis yaitu dengan memberikan nilai 1 pada item-item yang terbukti melakukan pengungkapan CSR. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 113 perusahaan manufaktur periode 2016. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Ukuran Perusahaan berpengaruh signifikan dan positif terhadap pengungkapan CSR. Sedangkan Profitabilitas dan Leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan CSR. Namun, secara keseluruhan terdapat pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, dan leverage terhadap pengungkapan CSR.
Collections
- Management [4703]