Analisis Kepuasan Nasabah pada PT BRI Unit Magelang Utara
Abstract
Bank BRI Unit Magelang Utara sebagai Bank yang mempunyai Visi Bank untuk
mewujudkan pelayanan terbaik kepada nasabah adalah menjadi suatu bank komersial
terkemuka yang mengutamakan kepuasan terhadap nasabah. Karena dengan mengetahui
kepuasan konsumen atau nasabahnya Bank dapat menjadikan bahan pertimbangan untuk
mengetahui sudah sejauh mana kinerja yang diberikan Bank pada nasabahnya.
Data diperoleh melalui teknik Convenience Sampling dari 90 Responden yang
menjadi nsabah Bank BRI Unit Magelang Utara. Hipotesis yang digunakan diuji melalui
program SPSS .10.0 yaitu dengan Uji Selisih dan Beda Wilcoxon untuk mengetahui
kepuasan konsumen dan Analisis Ragam Satu Arah Kruskal-Wallis untuk mengetahui ada
tidaknya perbedaan atau ketidakpuasan konsumen menurut karakteristik konsumen. dengan
taraf signifikasi 5 %. Dengan hasil sebagai berikut ada perbedaan antara kinerja dan
harapan yang dirasakan oleh konsumen atau nasabah BRI l;nii Magelang Utara. Sedang'kan
menurut karakteristik konsumen tidak ada perbedaan yang signifikan antara harapan dan
kinerja berdasarkan karakteristik konsumen.
Dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan yaitu nasabah merasakan cukup
puas atas kinerja yang dilakukan oleh Bank BRI Unit Magelang Utara namun ada baiknya
tanpa mangecilkan hasil usaha yang telah dilakukan oleh Bank BRI, Bank BRI
meningkatkan lagi kualitas pelayanan dan kinerjanya.
Collections
- Management [4534]