Hubungan antara Konsep Diri dengan Perilaku Bullying Siswa Menengah Atas
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada hubungan antara konsep diri dengan perilaku bullying Siswa Menengah Atas (SMA). Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah hubungan yang negatif antara Konsep Diri dengan Perilaku Bullying Siswa Menengah Atas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/siswi sedang menempuh pendidikan tingkat SMA berusia 16-18 tahun. Subjek dalam penelitian tidak dibedakan dari jenis kelamin. Peneliti menyebar 104 ekslempar angket. Alat ukur yang digunakan adalah skala Bullying dibuat oleh Ulfa Magfirah (2009) dan skala Konsep Diri yang dibuat oleh Novia Irianti (2012). Metode analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan program SPSS versi 17.0 untuk menguji apakah terdapat Hubungan antara Konsep Diri dengan Perilaku Bullying Siswa Menengah Atas. Uji korelasi product moment dari Pearson menunjukkan korelasi r sebesar -0.210 dan p = 0.033, (p < 0.05) yang artinya ada hubungan negatif signifikan antara konsep diri dan perilaku bullying, sehingga hipotesis penelitian dapat diterima.
Collections
- Psychology [2173]