PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA PRODUK, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN TOKO DANY BOJONEGORO
Abstract
Penelitian bertujuan untuk (1) mengetahui tingkat kepuasan yang diterima konsumen dari penerapan pelayanan, harga, dan kualitas produk yang dilakukan Toko Dany, (2) mengetahui variabel mana yang paling dominan mempengaruhi kepuasan konsuman Toko Dany. Dalam penelitian ini yang menjadi variabel dependen adalah : kepuasan konsumen (Y). Variabel independen dalam penelitian ini adalah : Kualitas pelayanan (X1), Harga produk (X2), Kualitas produk (X3). Teknik pengumpulan data yaitu dengan kuesioner dan observasi. 1. Berdasarkan analisis diskriptif dapat diketahui memberikan penilaian baik hal tersebut disesuaikan interval yang ada dimana kualitas pelayanan yaitu dengan skor rata-rata sebesar 3,81 (baik), harga yaitu dengan skor rata-rata 3,84 (baik), dan kualitas produk yaitu dengan skor rata-rata sebesar 3,79 (baik). Serta penilaian responden pada variabel kepuasan konsumen dengan skor rata-rata sebesar 3,90 (baik). Hasil analisis regresi berganda dapat kita simpulkan bahwa kualitas pelayanan (X1) dapat mempengaruhi kepuasan konsumen dengan koefisien regresi sebesar 0,007, harga (X2) dapat mempengaruhi kepuasan konsumen dengan koefisien regresi sebesar 0,034, dan kualitas produk (X3) dapat mempengaruhi kepuasan konsumen dengan koefisien regresi sebesar 0,250. Hasil uji korelasi berganda (R) dapat diketahui bahwa setiap terjadi kenaikan pada variabel kualitas pelayanan, harga, dan kualitas produk maka akan meningkatkan kepuasan konsumen secara rata-rata sebesar 74,7%. Dan dari hasil uji koefisien determinasi berganda (R^2) varibel kualitas pelayanan, harga , dan kualitas produk secara Bersama mempengaruhi kepuasan konsumen sebesar 55,8% sedangkan sisanya sebesar 54,2% dipengaruhi variabel lain dapat berupa citra merek, lingkungan, dan iklan. Dari hasil uji koefisien parsial (r) dimana variabel kualitas produk memiliki pengaruh paling dominan sebesar 0,745 dan hasil uji koefisien determinasi parsial (r^2) juga menunjukkan bahwa variabel kualitas produk mempunyai nilai terbesar yaitu sebesar 0,555 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas produk memiliki pengaruh yang paling dominan terhadap kepuasan konsumen.
Collections
- Management [4527]