dc.description.abstract | Kinerja sebuah orgamsasi atau perusahaan dinilai baik maupun buruk
tergantung pada manajemen yang berada di dalam perusahaan itu sendiri. Sumbersumber
daya yang dimiliki oleh setiap perusahaan baik modal, fisik maupun
manusia dapat bekerja maksimal dalam mewujutkan tujuan perusahaan jika
manajemen perusahaan mampu untuk menyatukan dan mengelola visi serta misi
mereka semua.
Karyawan sebagai salah satu aset perusahaan dan merupakan salah satu
banian dari perusahaan di dalam mewujudkan tujuan perusahaan. Dengan
demikain adanya pihak perusahaan senantiasa membina hubungan yang harmoms
dengan para karyawarmya, dimana salah satunya adalah dengan memberikan
pelatihan kerja dengan bertujuan adalah untuk mendorong para karyawan bekerja
lebih baik.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis data secara
kuantitatif dengan alat analisis Regresi Lmier Berganda, dan metode analisis data
secara kuantitatif yang dilakukan dengan teknik wawancara kepada bagian
personalia serta menggunakan tehmk kuesioner dengan cara membuat dattar
pertanvaan yang berupa angket yang dibagikan kepada responden. Angket yang
digunakan adalah Skala likert. Sampel dan penelitian mi adalah seluruh
karyawan Kantor Pos II termasuk bagian SDM, Keungan, Giro, Sarana, Traffic,
Pengengalian Mutu (Dalmutu), Bisnis dan Komumlasi (Biskom), Pelayanan dan
Filateli.
Hasil penelitian menggambarkan sebagaian besar karyawan Kantor Pos II
berusia 30 tahun keatas dengan prosentase sebesar 49,7 %, berjenis kelamm lakilaki
dengan prosentase sebesar 55,9 %. Dari jenjang pendidikan sebagian besar
karyawan lulusan SMU/SMK dengan prosentase sebesar 46,9 %sedangkan dan
masa kerja sebagian besar karyawan telah bekerja lebih dan 6 tahun dengan
prosentase sebesar 40,0 %. Hasil perhitungan Validitas dan rehabihtas dilakukan
dengan program SPSS. Dari hasil perhitungan di peroleh Fhlt =43,934 dan Ftab -
? 2793 dengan tingkat signifikansi a =0,05. ini berarti Fhit >Ftab atau hipotesis
atau hipotesis kesahian ditenma. Hal ini menunjukan bahwa ada hubungan
sionifikan antara aspek pelatihan sebagai vanabel independen (X) dengan
produktivitas kerja (Y) PT Pos Indonesia (PERSERO) Kantor Pos II Yogyakarta.
Variabel yang paling dominan mempengaruhi produktivitas kerja karyawan
adalah variabel keterampilan. | en_US |