Perilaku Pembelian Smartphone Perspektif Teori Konsumsi Islam (Studi Pada Kelompok Studi Ekonomi Islam Perguruan Tinggi Islam Swasta di Daerah Istimewa Yogyakarta)
Abstract
Konsumsi Islam tidak dapat dipisahkan dari peranan keimanan. Peranan keimanan menjadi tolak ukur penting karena keimanan memberikan cara pandang dunia yang cenderung mempengaruhi kepribadian manusia. Konsumsi yang beragam dalam masyarakat menjadikan masyarakat harus bijak dalam konsumsi. Pada tahun 2016, menurut International Data Corporation’s (IDC) terdapat 6,5 juta smartphone di import ke Indonesia. Di balik pertumbuhan smartphone, sebagian masyarakat Indonesia tidak hanya menjadikan sebuah media telekomunikasi, melainkan sebagai life style. Oleh sebab itu perlu adanya penelitian mengenai perilaku konsumsi pembelian smartphone dalam perspektif teori konsumsi islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana perilaku mahasiswa Kelompok Studi Ekonomi Islam Perguruan Tinggi Islam Swasta di Yogyakarta terhadap pembelian smartphone menurut teori konsumsi Islam. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Kelompok Studi Ekonomi Islam dengan metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan, perilaku konsumsi pembelian smartphone perspektif teori konsumsi Islam diantaranya prinsip syariah pembelian smartphone bertujuan karena kebutuhan, pada prinsip kuantitas pembelian smartphone dilakukan dengan menyesuaikan kondisi keuangan, pada prinsip prioritas pembelian smartphone menjadi kebutuhan hajiniyah, sedangkan penggunaannya menjadi kebutuhan pokok, pada prinsip sosial smartphone sudah berperan dalam kegiatan sosial.
Collections
- Islamic Economics [826]