Analisis Sikap Konsumen Terhadap Atribut Jasa di Rumah Sakit Umum Daerah Gunung Kidul Yogyakarta
Abstract
Kesehatan merupakan salah satu aset terbesar yang dimiliki oleh manusia,
menyadari hal itu Pemerintah Indonesia mencanangkan visi Indonesia Sehat 2010.
Rumah Sakit Umum Daerah Gunung Kidul sebagai salah satu fasilitas kesehatan
milik pemerintah juga dituntut untuk menmgkatkan kualitas pelayanannya untuk
mendukung terwujudnya visi Indonesia Sehat 2010 dan dalam rangka menghadapi
persaingan di era globalisasi. Oleh karena itu, perusahaan perlu mengantisipasinya ,
salah satunya dengan cara melakukan nset untuk mengetahui faktor yang
mempengaruhi sikap konsumen dalam menggunakan jasa pelayanan rumah sakit.
Penelitian mi menganalisis atribut jasa perusahaan yang terdin dan: Keandalan
(reliability), Daya Tanggap (responsiveness), Jaminan (assurance), Empati
(empathy), dan Bukti Fisik (tangible), berdasarkan karaktenstik demografi
konsumennya yaitu: jenis kelamin, usia, pekerjaan, dan tmgkat pendapatan.
Data penelitian ini diperoleh dengan cara purposive sampling pada 100 orang
responden, yang merupakan pemakai jasa pelayanan rawat map Rumah Sakit Umum
Daerah Gunung Kidul. Hipotesis diuji dengan Multi Atribut Attitude Model
(MAAM) dan uji Kruskal-Wallis Hdengan taraf signifikansi 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen memiliki sikap yang sangat
baik dan tidak terdapat perbedaan sikap konsumen terhadap atribut jasa yang
ditawarkan oleh Rumah Sakit Umum Daerah Gunung Kidul.
Disamping itu atribut empati menempati urutan kepentingan tertinggi dan
konsumen, dan atribut bukti fisik menempati urutan yang terendah. Dengan demikian
manajemen rumah sakit perlu membenahi atribut bukti fisik ini dengan cara
memperbaiki dan menambah fasilitas rumah sakit, yang disesuaikan dengan harapan
dan keinginan konsumen.
Collections
- Management [4534]