PELATIHAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL UNTUK MENINGKATKAN KOMITMEN ORGANISASI PADA GURU SLB “X”
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan hipotesis bahwa pelatihan komunikasi interpersonal dapat meningkatkan komitmen organisasi guru SLB “X”. Penelitian ini melibatkan 14 orang guru yang berusia 30-60 tahun yang mengajar di sekolah luar biasa (SLB). Penelitian ini merupakan penelitian kuasi-eksperimen dengan model rancangan penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Pengukuran komitmen organisasi guru dilakukan dengan memberikan skala komitmen organisasi guru (Meyer dan Allen, 1990) pada kelompok eksperimen dan kontrol di tahap pretest dan post-test. Data dalam penelitian dianalisis secara kuantitatif menggunakan independent t test. Hasil penelitian menunjukkan p = 0.03 (p < 0.05) yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol setelah pelaksanaan pelatihan komunikasi interpersonal. Sementara itu, terdapat peningkatan komitmen organisasi guru pada kelompok eksperimen berdasarkan rerata gained score.
Collections
- Psychology [2173]