Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Fuad Nashori, M.Si, Psikolog
dc.contributor.advisorDrs. Sumedi Priyana Nugraha, Ph.D, Psikolog
dc.contributor.authorResturezeki Purwanti, 13915025
dc.date.accessioned2018-04-23T16:23:57Z
dc.date.available2018-04-23T16:23:57Z
dc.date.issued2018-03-19
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/6892
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk membuktikan hipotesis bahwa pelatihan komunikasi interpersonal dapat meningkatkan komitmen organisasi guru SLB “X”. Penelitian ini melibatkan 14 orang guru yang berusia 30-60 tahun yang mengajar di sekolah luar biasa (SLB). Penelitian ini merupakan penelitian kuasi-eksperimen dengan model rancangan penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Pengukuran komitmen organisasi guru dilakukan dengan memberikan skala komitmen organisasi guru (Meyer dan Allen, 1990) pada kelompok eksperimen dan kontrol di tahap pretest dan post-test. Data dalam penelitian dianalisis secara kuantitatif menggunakan independent t test. Hasil penelitian menunjukkan p = 0.03 (p < 0.05) yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol setelah pelaksanaan pelatihan komunikasi interpersonal. Sementara itu, terdapat peningkatan komitmen organisasi guru pada kelompok eksperimen berdasarkan rerata gained score.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectpelatihan komunikasi interpersonal, komitmen organisasi guru, guru SLBen_US
dc.titlePELATIHAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL UNTUK MENINGKATKAN KOMITMEN ORGANISASI PADA GURU SLB “X”en_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record