Analisis Pengaruh Kualitas Jasa PT. Kereta Api Indonesia terhadap Kepuasan Konsumen Kereta Api Eksekutif Argowilis
Abstract
Skripsi ini berjudul Analisis Pengaruh Kualitas Jasa PT. Kereta Api
Indonesia Terhadap Kepuasan Konsumen Kereta Api Argowilis. Penelitian ini
dilakukan didalam kereta api Argowilis yang berangkat dan stasiun Tugu
Yogyakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kualitas jasa yang
diberikan di kereta api Argowilis dan seberapa besar tingkat kepuasan penumpang
setelah merasakan pelayanan (jasa). Penelitian ini dilakukan dengan metode statistik
dan deskriptif. Hal ini bertujuan agar penelitian dapat memperoleh hasil yang akurat,
sehingga dapat dicari solusi yang tepat.
Populasi yang diteliti adalah penumpang yang pernah melakukan
perjalanan dengan menggunakan kereta api Argowilis jurusan Yogyakarta-Bandung.
Sample yang digunakan sebanyak 96 responden dengan metode convenience
sampling. Metode pengolahan dan analisis menggunakan analisis regresi linear
berganda yang digunakan untuk menguji hipotesis mengenai pengaruh dimensidimensi
kualitas jasa terhadap kepuasan penumpang. Penilaian statistik dilakukan
dengan menggunakan instrument kuisioner, selanjutnya diolah dengan menggunakan
bantuan komputer program SPSS12.
Dari hasil penelitian menunjukan bahwa kelima dimensi yaitu realibility,
responsiveness, assurance, empaty, dan tangible berpengaruh positif yang signifikan
terhadap kepuasan penumpang kereta api Argowilis . Sedangkan dimensi yang paling
berpengaruh adalah realibility.
Collections
- Management [4703]