dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan jasa yang
dibenkan kereta api Eksekutif jenis Taksaka dan seberapa besar tingkat kualitas
penumpang setelah merasakan pelayanan (jasa) yang dibenkan oleh kereta api
Eksekutif jenis Taksaka. Penelitian ini dilakukan dengan metode statistik dan
diskriptif, hal ini bertujuan agar penelitian dapat memperoleh hasil yang akurat,
sehingga dapat dicari solusi yang tepat. Populasi yang diteliti adalah penumpang
yang sedang melakukan perjalanan dengan menggunakan kereta api Eksekutif
jenis "Taksaka". Adapun lokasi penelitian distasiun Tugu Yogyakarta dengan
pengambilan sampel diatas kereta api Eksekutif jenis Taksaka.Penilaian statistik
dilakukan dengan menggunakan mstruinen kuesioner, teknik pengambilan sampel
yang digunakan adalah non-probabilly sampling model convimence sampling
dengan jumlah responden 100. Metode pengolahan dan analisis mengunakan
analisis kuantitatif, sedang untuk menguji hipotesis menggunakan uji beda ratarata.
Melalui analisis yang dilakukan secara keseluruhan, berdasar diagram
kartesius atribut-atnbut seperti kereta api selalu berangkat tepat waktu, selalu tiba
tepat waktu, serta staff mampu menyelesaikan keluhan konsumen di anggap faktor
yang mempengaruhi kepuasan konsumen. Sedangkan demensi kualitas pelayanan
(jasa) berupa reliability, responsiveness, assurance, empathy, maupun tangibles
yang dibenkan kereta api Eksekutif jenis "Taksaka" belum memuaskan
konsumen. Sehingga untuk strategi pemasaran karena keterbatasan pengalokasian
siunberdaya serta perbaikan memerlukan investasi berupa modal yang tidak selalu
ada maka perbedaan demensi kualitas ini mengunakan skala prioritas.
Berdasarkan diagram kartesius Dimana demensi kualitas pelayanan (jasa) berupa
responsiveness perlu di tingkatkan karena di anggap yang paling rendah dari
demensi kualitas pelayanan lainnya. | en_US |