Analisis Pengaruh Kualitas Jasa, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dalam Memakai Jasa Penerbangan Citilink
Abstract
PT Citilink Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang pelayan jasa transportasi udara. Perusahaan ini berdiri pada tahun 2012 setelah resmi berpisah dari perusahaan utama yaitu PT Garuda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besarnya pengaruh Kualitas Jasa, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen dalam memakai jasa penerbangan Citilink. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 96 responden dimana para responden merupakan mahasiswa Fakultas Ekonomi UII Yogyakarta. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linier berganda, pengujian hipotesis dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian ini menemukan bahwa berdasarkan analisa karakteristik mayoritas responden adalah perempuan sebanyak 65,6%, umur mayoritas responden 20-21 tahun sebesar 69,8%, pendapatan mayoritas uang saku responden 2.000.000-3.000.000 sebsar 76%, frekuensi pembelian mayoritas responden adalah 3-5 kali dalam setahun sebesar 69,8% dan sumber informasi mayoritas yang dipilih responden adalah teman sebesar 88,5%. Berdasarkan analisis deskriptif dapat diketahui variabel kualitas jasa mendapatkan rata-rata sebesar 3,85, variabel harga mendapatkan rata-rata 3,90, variabel promosi mendapatkan rata-rata sebesar 3,51. Sedangkan pada variabel keputusan pembelian konsumen mendapatkan rata-rata 4,00 dimana keseluruh variabel baik independen dan dependen masuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil regresi linier berganda menunjukkan adanya pengaruh signifikan antara seluruh variabel independen dengan variabel dependen. Uji t untuk variabel kualitas jasa sebesar 0,000, yang berarti 0,000<0,05 yang artinya berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian. Untuk variabel harga sebesar 0,002, yang berarti 0,002<0,05 yang artinya berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian. Kemudian untuk variabel promosi 0,027, yang berarti 0,027<0,05 yang artinya berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian. Koefisien determinasi (R2) = 0,637 yang menunjukkan bahwa variabel bebas secara bersama-sama mempengaruhi variabel tidak bebas sebesar 63,7% dan sisanya sebesar 36,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian, misalnya brand image, motivasi dan lain-lain.
Collections
- Management [4548]