PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN, DENGAN PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2014-2016)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh CSR terhadap nilai perusahaan (2) Pengaruh profitabilitas dalam memoderasi hubungan antara CSR dengan nilai perusahaan (3) Pengaruh Ukuran Perusahaan dalam memoderasi hubungan antara CSR dengan nilai perusahaan.
Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor pertambangan dan sub sektor makanan & minuman yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2014-2016. Sampel penelitian adalah sebanyak 45 perusahaan dengan 135 observasi. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan uji Moderated Regression Analysis (MRA).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pengungkapan CSR berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan (2) Profitabilitas tidak mempengaruhi hubungan antara CSR dengan nilai perusahaan (3) Ukuran Perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap hubungan CSR dengan nilai perusahaan.
The aims of this research are to know: (1) The influence of CSR to firm value (2) The influence of Profitability as the moderating variable relations between CSR with firm value. (3) The influence of Firm Size as the moderating variable relations between CSR with firm value.
The population used in this study is a manufacturing company sector mining and subsector food & beverages which is listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) from 2014 until 2016. The sample was 45 companies with 145 observation. Analysis of data used multiple linear regression analysis with Moderated Regression Analysis(MRA) test.
The result of research show that (1) the influence of CSR was negatif significant to firm value (2)Profitability as a moderating variable can’t affect the relationship disclosure of CSR with firm value (3) Firm size as a moderating variable can affect positif significant the relationship disclosure of CSR with firm value.
Collections
- Akuntansi [4399]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Informasi Perusahaan di Website Perusahaan Manufaktur di Indonesia (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di Bei Tahun 2011-2013)
Viviyanchi (Universitas Islam Indonesia, 2017-03-13)This study aims to analyze the relationship of web disclosure with manufactured company characteristic namely, profitability, public ownership, firm’s size, and manager ownership. The research object is the entire ... -
ANALISIS PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, UMUR PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi Empiris Pada Perusahaan yang Terdaftar pada Indeks LQ 45 Indonesia Tahun 2012-2016)
Maulidya Nayahita, 14312124 (Universitas Islam Indonesia, 2018-04-18)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis, dan menguji pengaruh ukuran perusahaan, umur perusahaan, profitabilitas, leverage, dan pertumbuhan perusahaan terhadap corporate social responsibility yang terdaftar ... -
PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, UMUR PERUSAHAAN, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI pada Periode 2013 – 2017)
Audy Rifchita Putri, 14312401 (Universitas Islam Indonesia, 2019-01-18)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, umur perusahaan, kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional terhadap kinerja keuangan perusahaan. Variabel independen dalam penelitian ini ...