dc.description.abstract | Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah konsep bisnis model kanvas diterapkan di IDN Media dan blok-blok apa saja yang dipergunakan, mengidentifikasi pola bisnis model, menganalisa inovasi bisnis model serta menggali inovasi apa saja yang dikembangkan oleh IDN Media. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Objek penelitian adalah IDN Media, sebuah perusahaan media digital yang saat ini mengoperasikan 8 vertikal bisnis online maupun offline.
Hasil penelitian menunjukkan IDN Media menggunakan semua blok dalam bisnis model kanvas, karena dianggap relevan dalam menjalankan bisnis modelnya. IDN Media juga menggunakan lebih dari satu pola bisnis, yaitu Free Model, Open Business Model, Marketplace Model dan Multi Sided Model. Inovasi juga dilakukan, terutama pada Blok Value Proposition, Channels dan Customer Relationship.
The purpose of this research is to understand wether business model canvasing is being use in IDN Media and which blocks are applied, identify the pattern of business model, analyze the innovation of business model, and to explore IDN Media’s innovation. The research approaches the case study with qualitative descriptive method. While IDN Media is digital media company who run 8 online and offline business vertical.
This research shows that IDN Media uses every blocks in business model canvasing since they are relevant to the business model. IDN Medai also uses more than one business pattern: Free Model, Open Business Model, Marketplace Model and Multi Sided Model. Innovation is a must, especially in Block Value Proposition, Channels and Customer Relationship. | en_US |