Analisis Pengaruh Kualitas Layanan yang dirasakan pada Situs Belanja Online di Yogyakarta
View/ Open
Date
2017-02-13Author
Zelvin Praditya Ilham Sujaya, 1331184
Metadata
Show full item recordAbstract
Ritel online adalah fenomena baru yang tumbuh dengan cepat di seluruh
dunia. Pertumbuhan yang cepat tersebut mengakibatkan persaingan yang ketat pula
pada dunia pasar online. Banyak perusahaan sekarang menyadari bahwa mereka
tidak bisa hanya mengandalkan harga murah sebagai sumber keunggulan kompetitif
dan harus mencari cara lain yang efektif untuk membedakan dengan para
persaingnya sehingga dapat menarik banyak pelanggan dan meningkatkan kepuasan
pelanggan. Penelitian ini meneliti tentang kualitas layanan toko online sebagai
sumber keunggulan kompetitif pada toko online.
Data dikumpulkan dari 237 pengguna situs belanja online di Yogyakarta
dengan teknik convinience sampling. Teknik analisis penelitian ini menggunakann
Structural Equation Modelling (SEM) dengan program Lisrel 8.80.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas platform dan kualitas
interaksi memiliki pengaruh signifikan terhadap positive word of mouth. Serta
kualitas outcome memiliki pengaruh positf terhadap sikap pelanggan terhadap toko
online. Sikap pelanggan terhadap toko online pun berpengaruh positif terhadap
positive word of mouth. Namun kualitas platform dan kualitas interaksi tidak
memiliki pengaruh signifikan terhadap sikap pelanggan terhadap toko online. Begitu
juga dengan kualitas outcome yang tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap
positive word of mouth.
Collections
- Management [4550]