PENGARUH INOVASI MELALUI MEDIA ONLINE TERHADAP KEPERCAYAAN MEREK, LOYALITAS MEREK, DAN KEPUASAN PELANGGAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh positif dan tingkat signifikansi inovasi terhadap kepercayaan merek, mengidentifikasi pengaruh positif dan tingkat signifikansi inovasi terhadap loyalitas merek, mengidentifikasi pengaruh positif dan tingkat signifikansi inovasi terhadap kepuasan pelanggan, mengidentifikasi pengaruh positif dan tingkat signifikansi kepercayaan merek terhadap loyalitas merek, dan mengidentifikasi pengaruh positif dan tingkat signifikansi kepuasan pelanggan terhadap loyalitas merek Gojek di Universitas Islam Indonesia.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Universitas Islam Indonesia yang menggunakan Gojek. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 126 mahasiwa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia yang dianggap dapat mewakili populasi. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, regresi linier sederhana, regresi linier berganda, koefisien determinan parsial, korelasi berganda(R), uji asumsi klasik, uji T dan data diolah menggunakan program SPSS.
Hasil penelitian menemukan pengaruh positif dan signifikan inovasi terhadap kepercayaan merek, pengaruh positif dan signifikan inovasi terhadap kepuasan pelanggan, pengaruh positif dan signifikan inovasi terhadap loyalitas merek, pengaruh positif kepercayaan merek dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas merek, pengaruh signifikan kepercayaan merek terhadap loyalitas merek, tidak ada pengaruh signifikan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas merek.
Collections
- Management [4527]