Pengaruh Murotalil Qur’an dengan Metode Reading Guide terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Al-qur’an Siswa Ma Al-iman Kota Magelang
Abstract
Mengajarkan membaca Al-qur‟an adalah tugas yang sangat mulia baik
dimata sesame manusia maupun dihadapan Allah. Namun kondisi dilapangan
mengatakan bahwa masih ada bahkan banyak diantara anak didik kita yang mesih
mengalami kesulitan. Hal ini perlu diteliti lagi apakah metode yang diterapkan
kurang menarik. Ada beberapa metode yang bisa diterapkan, salah satunya adalah
pembelajaran murotal Al-Qur‟an dengan metode reading guideyang
menggunakan variasi pada yang sudah ditentukan (membaca secara terbimbing).
Untuk menguji apakah metode tersebut bisa diterapkan dengan baik sehingga
mencapai tujuan, penulis melakukan pengujian metode murotal reading guide
oleh pembelajaran membaca al-qur‟an siswa MA Al-Iman Kota Magelang.
Penelitian dilakukan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode
“Murotal Qur‟an Reading Guide” siswa MA Al-Iman Kota Magelang serta
kendala-kendala yang dijumpai. Data penelitian ini dikumpulkan dari hasil
observasi, wawancara, dan dokumentasi dimana pertanyaan sudah disiapkan
sebelumnya. Data dianalisis menggunakan uji t beda rata-rata.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah 1) penerapan metode
Murotal Qur’an reading guide dalam pembelajaran membaca Al-Qur‟an siswa
MA Al-Iman Kota Magelang adalah cukup baik dan lancar. Proses pembelajaran
di MA Al-Iman Kota Magelang sudah membiasakan dan menerapkan murottal
Qur‟an yang baik kepada siswanya. Pembiasaan dan penerapan murottal Qur‟an
yang diberikan para guru terlihat dari berbagai aktifitasnya. 2) Hasil uji
menunjukkan bahwa nilai F hitung sebesar 39,604 menunjukkan bahwa
penggunaan Murrotalil Quran dengan metode reading guide menunjukkan
adanya pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca Al Quran pada
siswa MA Al Iman Kota Magelang. Sumbangan penggunaan Murrotalil Quran
dengan metode reading guide terhadap kemampuan membaca Al Quran pada
siswa MA Al Iman Kota Magelang adalah 0,449 atau 44,9%, sisanya sebesar
55,5% dipengaruhi oleh variable lain yang tidak diamati dalam penelitian ini; 3)
Perbedaan kemampuan membaca Al Quran dapat dilihat pada hasil pre test nilai
rata-rata sebesar 93,13 mengalami peningkatan pada kondisi post test menjadi
106,52. Mengacu pada hasil tersebut maka dapat diasumsikan bahwa Penerapan
metode reading guide mampu menjadi alat yang dapat menyalurkan pesan,
merangsang pikiran, perasaan dan kemauan individu, sehingga dapat mendorong
terciptanya proses belajar pada diri siswa.