Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Hujair AH Sanaky, M.S.I,
dc.contributor.authorSahana, Fri Makhfiyah
dc.date.accessioned2018-01-03T15:08:25Z
dc.date.available2018-01-03T15:08:25Z
dc.date.issued2017-05-03
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/5054
dc.description.abstractSupervisi akademik pengawas berperan untuk membina dan mengembangkan guru, terutama yang berkaitan dengan pengembangan media pembelajaran. Guru sebagai ujung tombak pendidikan dituntut untuk kreatif dan terampil dalam penggunaan media pembelajaran guna mengaktifkan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap Kontribusi Supervisi Akademik Pengawas dan Keterampilan Guru dalam Penggunaan Media terhadap Kualitas Pembelajaran PAI di Kelas VIII SMP Negeri 1 Nabire Papua. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan survey dengan variabel terikat kualitas pembelajaran dan variabel bebasnya adalah supervisi akademik pengawas dan keterampilan guru dalam penggunaan media. Populasi dalam penelitian ini adalah Guru PAI yang berjumlah 2 orang dan semua siswa kelas VIII di SMP Negeri Nabire Papua yang berjumlah 164 orang. Sampel penelitian ini adalah 2 orang Guru PAI dan 112 orang siswa yang diambil dengan teknik random sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket. Data dianalisis dengan menggunakan analisis Chi Square (χ2) dan koefisien kontingensi dengan bantuan Program SPSS 17.00 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Kontribusi supervisi akademik pengawas terhadap kualitas pembelajaran PAI di Kelas VIII SMP Negeri 1 Nabire Papua sebesar 70,7%. Artinya semakin baik supervisi akademik pengawas maka akan semakin baik pula kualitas pembelajaran PAI di kelas VIII SMP Negeri 1 Nabire Papua. 2) Kontribusi keterampilan guru dalam penggunaan media terhadap kualitas pemebelajaran PAI di Kelas VIII SMP Negeri 1 Nabire Papua sebesar 97,2%. Artinya baik keterampilan guru dalam penggunaan media maka akan semakin baik pula kualitas pembelajaran PAI di kelas VIII SMP Negeri 1 Nabire Papua. 3) Kontrisbusi supervisi akademik pengawas dan keterampilan guru dalam penggunaan media terhadap kualitas pembelajaran PAI di kelas VIII SMP Negeri 1 Nabire Papua sebesar 99,97%. Artinya semakin baik supervisi akademik pengawas dan keterampilan guru dalam penggunaan media maka akan semakin baik pula kualitas pembelajaran PAI di kelas VIII SMP Negeri 1 Nabire Papua.id
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaid
dc.subjectSupervisi akademik pengawasid
dc.subjectketerampilan penggunaan mediaid
dc.subjectkualitas pembelajaranid
dc.titleKontribusi Supervisi Akademik Pengawas dan Keterampilan Guru dalam Penggunaan Media Terhadap Kualitas Pembelajaran PAI Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Nabire Papuaid
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record