Analisis Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada PT Dagadu (Studi Kasus pada PT Aseli Dagadu di Yogyakarta)
Abstract
Pcnclitian ini nicnggainbarkan tcntang kualitas pclayanan perusahaan. Pada
dasamya kualitas pclayanan merupakan suatu bcntuk peniiaian konsumen terhadap
tmgkat pclayanan yang ditcrima perceived services) dcngan tingkat yang diharapkan
{expected services). Bagi perusahaan kuncinya adalah menyesuaikan atau melebihi
harapan mutu jasa yang diinginkan konsumen yang mencakup di lima dimensi
pc\ayana.n(tangib/e. reliability, responsiveness, assurance dan emphaty ). Sebaliknyajika
pclayanan yang ditcrima lebih rendah daripada yang diharapkan, maka kualitas
pclayanan dipersepsikan buruk. Dengan demikian baik tidaknya kualitas jasa tergantung
pada kemampuan penyedia jasa dalani memenuhi harapan konsumennya sccara
konsisten.
Pcnclitian ini mencari indeks kepuasan konsumen secara keseluruhan serta
mencari gap antara kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen. Dari penelitian ini juga
dapat dilihat posisi perusahaan di mata konsumen sehingga dapat dientukan strategi
untuk kc depannya.
Pcnclitian ini sangat bcrmanfaat untuk acuan bagi perusahaan yang ingin
mcningkatkan kualitas pclayanannya. Manfaat lainnya adalah dapat memberikan
gambaran bagi pcmsaliaan dalam membuat rencana dan stratcgi yang baik dan terarah
untuk mengelola perusahaan kaos dimasa yang akan datang secara efektif dan efisien.
Lokasi pcnclitian pada kounter pcnjualan produk Dagadu Aseli Djodja, lantai
dasar Malioboro Mall Yogyakarta pada januari 2006 dengan metode Indeks Kepuasan
Konsumen dan diagram kartcsius. Hasil dan indeks kepuasan konsumen adalah adalah
73.17%
Collections
- Management [4527]