Interaksi Media Sosial Terhadap Niat Beli Merek Produk Fashion Lokal ‘Erigo’: Pengaruh Kredibilitas Sumber, Homofili Sumber, dan Kualitas Konten Sebagai Variabel Mediasi
Abstract
Tujuan penelitian ini guna menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi
media sosial terhadap niat beli merek produk fashion lokal erigo. Metodologi yang
digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik
purposive sampling. Kriteria responden didalam penelitian ini yaitu adalah generasi
milenial dan generasi Z yang pengguna aktif media sosial Instagram dengan usia 19-
36 tahun yang tinggal di Indonesia. Jumlah responden yang valid adalah 150.
Pengolahan data menggunakan metode PLS-SEM. Variabel yang digunakan didalam
penelitian ini adalah interaksi media sosial, kredibilitas sumber, homofili sumber,
kualitas konten, dan niat pembelian. Adapun hasil dari penelitian ini menyatakan
bahwa interaksi media sosial memberikan pengaruh positif terhadap kredibilitas
sumber, homofili sumber, dan kualitas konten. Homofili sumber dan kualitas konten
berpengaruh positif terhadap niat pembelian. Sedangkan kredibilitas sumber tidak
memberi pengaruh terhadap niat pembelian. Hasil dari penelitian ini pada skripsi ini
diharapkan dapat membantu perusahaan dan pemasar didalam mengembangkan
hubungan yang lebih intim dengan konsumen dan mendorong niat konsumen untuk
membeli melalui interaksi media sosial.
Collections
- Management [4703]